TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Bukan Tebar Pesona, Ini 5 Alasan Kenapa Orang Harus Senyum saat Difoto

Jangan kaku kayak es balok, ya!

potret Irfan Hakim dan Jirayut (instagram.com/jirayutdaa4official)

Selain teknik fotografi yang apik, salah satu faktor yang cukup memengaruhi keindahan sebuah foto adalah ekspresi sosok yang dijadikan objek. Hampir dilakukan setiap orang, senyum merupakan ekspresi andalan ketika seseorang ingin terlihat sedap dipandang saat dijepret kamera. 

Bukan berarti ingin tebar pesona, berikut ini beberapa alasan mengapa orang harus senyum saat difoto dan menghasilkan foto yang lebih menarik.

1. Zaman semakin modern, wajah tanpa ekspresi hanya bisa ditemukan dalam foto-foto jadul

ilustrasi orang baik (pixabay.com/Davis_Cetris)

Hal itu terjadi karena kamera masih menjadi salah satu barang mewah di era lawas. Maka pemotretannya pun biasanya dilakukan dengan amat serius. Biasa dilakukan hanya pada momen-momen resmi dan kegiatan tertentu, sehingga orang-orang di masa tersebut pun kerap memasang wajah serius dan tanpa ekspresi senyum.

Tapi lihat sekarang, nyaris setiap hari orang dengan bahagia memotret kegiatannya tanpa batas. Perhatikan juga beranda media sosial, dalam banyak kegiatan, setiap orang seolah berlomba-lomba mengeluarkan senyum terbaiknya saat dijepret kamera. 

Baca Juga: 10 Foto Candid yang Meluluhkan Hati, Mengandung Bawang

2. Memberikan kesan positif, keceriaan, dan kebahagiaan

ilustrasi orang senyum (pixabay.com/trevoykellyphotography)

Dibandingkan ekspresi cemberut, orang yang dengan bebasnya tersenyum menunjukkan hati dan perasaannya yang sedang bahagia. Tak hanya itu, orang yang tersenyum saat difoto pun memberikan kesan positif, ramah, dan ceria.

Tak hanya menunjukkan sisi positif sosok yang difoto, orang yang melihatnya pun akan tertular ikut merasakan kebahagiaannya. Jika pun tidak terbiasa tersenyum, paling tidak jangan memasang wajah cemberut jika ingin memberikan hasil foto yang maksimal. 

3. Hasil foto akan terlihat lebih menarik, indah, dan artistik

ilustrasi orang tertawa (pixabay.com/CaiHuuThanh)

Dilakukan dengan memasang wajah senyum, hasil foto pun biasanya akan mengikuti konsep objeknya. Lebih artistik, bernilai estetis, dan menarik, hasil foto yang terlihat sudah pasti lebih berkesan untuk dijadikan kenangan. 

Jadi, jika ingin melihat hasil foto yang lebih berseni, cukup keluarkan senyum terbaik jika tidak mampu berpose dengan gaya-gaya aneh dan gak banget. Mudah, murah, dan indah. Pose senyum saat beraksi di depan kamera akan memberikan konsep hasil foto yang terarah.

4. Mewakili sifat dan sikap orang yang ramah dan hangat

ilustrasi orang senyum (pixabay.com/Pexels)

Orang yang gemar tersenyum saat difoto memang biasanya mewakili sifatnya yang ramah dan hangat. Amat berpengaruh pada hasil foto, tersenyum saat difoto jadi pilihan yang cukup aman dilakukan banyak orang. 

Meski hanya berbentuk foto, karakter ramah, santun, dan hangat, bisa terlihat dari ekspresi senyum yang ditunjukkannya di depan kamera. Jadi tak ada alasan untuk pelit menampilkan ekspresi senyum saat ingin mendapatkan hasil foto terindah, ya?

Baca Juga: Kaku Abis, 5 Alasan Cowok Pendiam Suka Pasang Gaya Patung saat Difoto

Verified Writer

Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya