TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Menerapkan Self Love dalam Kehidupan Sehari-Hari 

Agar hidup lebih bermakna 

ilustrsai mencintai diri sendiri (pexels.com/Matthias Copper)

Sudah tahu apa itu self love? Self love merupakan salah satu bentuk tindakan positif yang dilakukan untuk mencintai diri sendiri. Upaya ini dilakukan dengan melihat, mendengar, memikirkan, serta memperlakukan diri sendiri dengan sebaik mungkin.

Self love juga merupakan satu perilaku yang turut mendorong seseorang memiliki pandangan hidup positif sebagai bentuk penerimaan diri sendiri. Lantas apa sih, yang harus kita lakukan untuk mencintai diri sendiri. Berikut 5 cara menerapkan self love dalam kehidupan sehari-hari.

1. Kenali diri sendiri

ilustrasi mengenal diri sendiri (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Hal terpenting yang mesti dilakukan untuk mencintai diri sendiri adalah kenal akan pribadimu sendiri. Apakah selama ini kamu sudah mengenal siapa dirimu? Atau selama ini hanya sibuk mengenal orang lain, sedangkan diri sendiri dilupakan.

Mengenal diri sendiri bisa dilakukan dengan mengetahui apa saja impian yang ingin kau gapai, kekuatan dan kelemahan apa yang kamu miliki, dan hal-hal lain terkait dirimu. Jika kamu mengenal apa yang ada pada pribadimu, maka akan lebih memudahkan kamu menumbuhkan cinta atas diri sendiri.

2. Hindari membandingkan diri dengan orang lain

ilustrasi wanita membandingkan dirinya (pexels.com/George Milton)

Kamu pernah membandingkan dirimu dengan orang lain? Jika pernah dan masih berlangsung hingga sekarang, maka kamu harus menghentikan hal tersebut. Membanding-bandingkan diri dengan orang lain hanya membuat kita merasa minder, merasa tidak mampu dengan apa yang kita miliki, membandingkan diri dengan orang lain pun akan memicu gangguan mental. Maka, saatnya untuk menghentikan kebiasaan buruk ini dan lebih fokus untuk mencintai diri sendiri.

Baca Juga: 5 Tanda Self Love yang Berubah Jadi Self Sabotage, Segera Hentikan!

3. Jalani pola hidup sehat

ilustrasi menjalani pola hidup sehat (pexels.com/Anna Shvets)

Tidak hanya menerima diri sendiri, bentuk self love juga dengan memperhatikan kesehatan fisikmu. Hal tersebut bisa dimulai dari mengubah pola hidup sehat. Kesehatan fisik akan membantumu tetap mejaga pikiran dan perasaan mu. Maka, untuk menjaga kesehatan dan ingin mengubah pola hidup sehat, kamu bisa melakukan hal-hal seperti, memenuhi kebutuhan nutrisi tubuhmu, berolahraga, serta istirahat yang rutin.

4. Berikan apresiasi kepada diri sendiri

ilustrasi memberikan apresiasi (pexels.com/Anna Tarazevich)

Berilah apresiasi pada diri sendiri setelah mencapai satu impian. Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk memberi apresiasi kepada diri sendir sebagai bentuk self love di anataranya adalah memberi pujian kepada dirimu, melakukan self healing, lakukan me time, dan memberikan hadiah untuk diri sendiri.

Baca Juga: 5 Perbedaan Self Love dan Fake Love, Hati-Hati Tertukar!

Writer

HESTY TRIMURTI GORANG

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya