TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Cara Mengenal Diri Agar Lebih Baik, Tahu Kelebihan Kekurangan

Perlunya mengenal diri sendiri yang lebih dalam

ilustrasi mengenal diri (unsplash.com/Elisa Photography)

Mencintai diri sendiri adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan bagi setiap orang. Dalam mencintai diri sendiri, seseorang harus mengenali dirinya sendiri. Hal ini dapat dilakukan  dengan berbagai cara, salah satunya dengan bersyukur dengan yang dimilikinya.

Mengenal diri sendiri akan memudahkan dalam banyak urusan untuk berelasi dengan orang lain. Bahkan mengenali diri sendiri akan menjadikan suasana yang lebih puas dengan pekerjaan yang dijalankan, dikarenakan akan lebih percaya diri dengan skill dan passion yang dimiliki. Hal lain tidak akan lebih goyah dan tidak mudah terpengaruh dengan orang lain, karena memiliki prinsipnya sendiri. Adapun cara untuk bisa mengenal diri sendiri dapat dilakukan seperti berikut.

Baca Juga: 5 Tips Bersabar pada Diri Sendiri, Tingkatkan Relasi dengan Dirimu

1. Bersyukur

ilustrasi mengenal diri (unsplash/Lina Trochez)

Cara mengenal diri sendiri dengan baik yang pertama adalah dengan cara bersyukur. Dengan bersyukur apa yang dimilikinya. Hal itu sangat membantu dalam proses pengenalan diri, dengan begitu hidupnya akan lebih bermakna. Selain itu orang yang bersyukur tidak merasa iri dengan pencapaian orang lain.

2. Memahami kelebihan dan kelemahan diri sendiri

ilustrasi mengenal diri (unsplash.com/Izzy Park)

Selanjutnya memahami kelebihan dan kekurangan diri sendiri, seseorang akan terbantu dalam mengetahui batas kemampuan diri dan menjadikan kelemahan sebagai evaluasi diri. Selain itu, hal tersebut juga bisa membantu dalam menentukan karir yang tepat untuk dipersiapkan diri lebih awal.

3. Jujur pada diri sendiri

ilustrasi mengenal diri (unsplash.com/Mubariz Mehdizadeh))

Bersikap jujur merupakan salah satu cara mengenal diri sendiri lebih dalam. Hal ini dapat membantu dalam mengetahui perspektif dan membangun identitas diri sendiri. 

Selain itu, bersikap jujur juga bisa membantu dalam mengetahui kapasitas diri sendiri dan bisa menjadi bahan evaluasi perilaku dengan kepribadian sehari-hari. Dengan cara begitu, akan terbentuk diri pribadi yang lebih baik.

Baca Juga: 5 Ciri Pengemudi Egois, Bisa Jadi Bumerang ke Diri Sendiri

4. Meminta feedback dari orang lain

ilustrasi mengenal diri (unsplash.com/Brooke Cagle))

Dengan cara meminta pendapat diri sendiri kepada orang lain, dengan memberanikan diri menerima kritik dari orang lain yang kurang enak. Dari hal tersebut, akan membuat lebih mengetahui tentang pandangan orang lain terhadap diri sendiri. 

Jika dari kritik tersebut ada yang perlu diubah, maka ubahlah. Namun, jangan sampai mengubah diri sendiri demi menyenangkan orang lain.

5. Latihan fokus

ilustrasi mengenal diri (unsplash.com/Hannah Wei)

Cara mengenal diri sendiri dengan latihan fokus yaitu dengan melatih kefokusan dalam menjalankan rutinitas harian. Dengan cara ini bisa membantu dalam meningkatkan produktivitas diri dan dapat memperbaiki kinerja diri. Selain itu, melatih fokus juga bisa membuat seseorang tidak mudah teralihkan dari hal-hal yang mengganggu dalam kerja.

6. Mengamati bidang yang dikuasai diri sendiri

ilustrasi mengenal diri (unsplash.com/Andrew Neel)

Cara mengenal diri sendiri yang terakhir adalah mengamati bidang yang dikuasai diri sendiri, dengan mengamati bidang yang dikuasai diri. Hal tersebut bertujuan untuk dapat mengetahui minat diri dan potensi yang ada dalam diri. 

Selain itu, jangan memaksakan keinginan untuk menguasai dalam berbagai bidang. Sebab, jika melebihi kapasitas diri, itu akan berisiko stres dan tekanan mental.

Jika kamu merasa selama ini belum mengenal dirimu sendiri lebih baik dan lebih dalam, silakan coba dengan strategi di atas. Dengan strategi di atas, kamu akan lebih mengenal dirimu sendiri yang lebih baik dan akan mempermudah dalam menjalani berbagai masalah.

Baca Juga: 5 Alasan Harus Bangga pada Diri Sendiri, Jangan Meremehkannya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya