TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Memulai Percakapan dengan Orang Baru bagi Introvert

Langsung cepat akrab!

ilustrasi mengobrol (pexels.com/August de Richelieu)

Setiap memulai percakapan dengan orang baru, langkah awal yang kita lakukan adalah memperkenalkan diri, setelah itu biasanya kita mulai bingung mau berbicara apa dulu. Meski basa-basi, tetap saja kita lakukan biar bisa mencairkan suasana. Tapi, tidak lama kemudian suasana jadi canggung kembali karena bingung mencari topik yang seru untuk dibicarakan. Hal ini biasanya terjadi pada orang dengan kepribadian introvert, betul?

Jika kamu masih merasa begitu setiap berkenalan dengan orang baru, coba terapkan tips di bawah ini. Kamu bisa memulai percakapan dengan orang baru, dan bikin obrolan kalian jadi seru!

1. Cobalah mencari persamaan

ilustrasi teman (pexels.com/Jorge Alvarez Lecaros)

Saat pertama kali berkenalan dengan orang baru, kita biasanya memperkenalkan diri, tapi kemudian suasana jadi hening karena kita bingung mau ngobrol apa lagi setelah itu. Kebingungan kita jadi kikuk lagi untuk memulai percakapan selanjutnya, alhasil perkenalan kalian jadi hambar dan tidak ada frekuensi. 

Nah, cara mengatasi kebingungan saat memulai percakapan dengan orang baru, cobalah cari persamaan di antara kalian. Contohnya punya kesamaan hobi, asal daerah, atau punya kenalan yang sama. Persamaan itu bisa menjadi jembatan untuk obrolan selanjutnya. 

2. Meminta saran ringan

ilustrasi teman (pexels.com/Helena Lopes)

Untuk memulai percakapan sama orang baru, kita harus mencari topik yang menimbulkan opini dari orang tersebut, sehingga obrolan jadi panjang dan betah dalam percakapannya. Setelah memperkenalkan diri dan mencari persamaan, kamu bisa meminta saran ringan kepadanya.

Ketika meminta saran, artinya kamu menciptakan keakraban, dan keakraban membuat penolakan sulit dilakukan. Jika ingin memengaruhi seseorang, lebih baik kita meminta saran kepadanya terlebih dahulu.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Kecil yang Membuat Kehidupan Introvert Lebih Berarti

3. Jangan bertanya, "kamu kerja apa?"

ilustrasi kebahagiaan (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Perlu diingat, dalam hubungan sosial juga ada batasan atau aturan yang harus kita patuhi, agar bisa menghargai orang lain. Salah satu aturan sosial yang harus diterapkan adalah hindari menanyakan hal yang sifatnya pivasi seperti umur, agama, pekerjaan, dan masalah orang lain.

Seperti menanyakan "kamu kerja apa?" Kepada orang baru sebagai bentuk perkenalan. Tapi, alangkah baiknya hindari bertanya seperti itu, karena gak semua orang senang ditanya tentang hal privasi. Sebaiknya, kamu tanyakan dengan kalimat ini "kamu lagi sibuk apa belakangan ini?"

4. Hindari memulai percakapan yang hanya membicarakan diri sendiri

ilustrasi mengobrol (pexels.com/August de Richelieu)

Percakapan itu tidak seperti presentasi, setelah memperkenalkan diri, jangan terus membicarakan tentang diri sendiri. Sebuah percakapan harus melibatkan kedua pihak untuk berbicara, dan pakai topik yang menimbulkan opini panjang dan lebar.

Sekali lagi, hindari mengangkat topik tentang diri sendiri, lebih baik jadilah seseorang dalam kelompok yang tertarik dengan topik orang lain. Dengan begitu, orang lain jadi lebih nyaman ngobrol sama kamu. Noted!

Verified Writer

Gebialya

Learning is the basis of life.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya