TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Ide Renovasi Murah Tanpa Tukang, Modal Kecil Hasil Maksimal!

Renovasi hemat untuk rumah estetik

ilustrasi interior rumah (pexels.com/Charlotte May)

Renovasi rumah seringkali identik dengan biaya mahal dan waktu yang tidak sedikit. Namun, kamu bisa, lho, mempercantik rumah tanpa mengeluarkan banyak uang dan tanpa harus repot panggil tukang. Mengubah tampilan rumah menjadi lebih segar dan estetik tidak selalu membutuhkan anggaran besar, hanya perlu kreativitas dan sedikit usaha!

Buat kamu yang ingin merenovasi rumah tapi takut biayanya bikin kantong bolong, artikel ini bakal kasih tiga ide renovasi murah yang bisa dilakukan sendiri tanpa perlu jasa tukang. Yuk, simak beberapa trik renovasi yang bisa bikin rumahmu terlihat lebih kece dengan modal minimal!

1. Percantik dinding dengan wall stencil atau washi tape

ilustrasi washi tape (pexels.com/Nataliya Vaitkevich)

Mengganti suasana ruangan bisa dimulai dari dinding, tapi mengecat ulang dinding dengan warna berbeda bisa memakan banyak biaya. Salah satu cara hemat yang bisa kamu coba adalah menggunakan wall stencil atau washi tape. Wall stencil adalah teknik menghias dinding menggunakan cetakan pola, sedangkan washi tape bisa digunakan untuk membuat garis-garis unik yang menambah kesan artistik pada dinding.

Dengan modal kurang dari seratus ribu rupiah, kamu bisa menemukan berbagai macam pola stencil atau washi tape di toko online. Kamu bisa berkreasi dengan pola geometris, bunga, atau bentuk lain yang sesuai selera. Hasilnya, dinding yang tadinya polos jadi lebih menarik dan memberikan nuansa baru tanpa harus repot mengecat ulang. Hemat dan pastinya unik!

2. Ubah kesan ruangan dengan pencahayaan murah

ilustrasi jendela rumah (pexels.com/Naim Benjelloun)

Cahaya bisa mengubah suasana ruangan secara drastis. Kalau kamu bosan dengan tampilan ruangan yang gitu-gitu aja, coba deh ganti pencahayaan yang ada dengan lampu gantung DIY atau lampu LED strip. Lampu gantung bisa kamu buat sendiri dari bahan bekas seperti kaleng, botol kaca, atau bahkan tali tambang yang diubah jadi kap lampu vintage.

Sementara itu, lampu LED strip bisa ditempel di bawah rak, lemari, atau bahkan di belakang cermin untuk memberikan kesan modern. Dengan pencahayaan yang pas, ruangan kecil pun bisa terlihat lebih luas dan mewah. DIY lampu ini bisa dibuat dengan budget minim dan pastinya bakal bikin suasana rumah lebih hangat dan cozy!

Verified Writer

Fiqrah Risar Mohammed

Mahasiswa gabut yang suka bubur ayam kayungyung. @fiqrah_risar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya