TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Tips Sirkulasi Gerak Agar Rumah Bertingkat Lebih Mudah Dijelajahi

Jangan sampai ada ruang negatif

ilustrasi mengorganisasi ruangan (unsplash.com/Sidekix Media)

Banyak yang mengira jika rumah bertingkat otomatis akan memudahkan sirkulasi karena luas ruangan yang lebih mumpuni. Padahal, hal tersebut gak menjamin karena ada beberapa hal yang mesti diperhatikan agar sirkulasi gerak para penghuni bisa lancar.

Agar menghindari ruang negatif dan bagian rumah yang tak terjamah, ada beberapa tips yang wajib kamu perhatikan agar rumah bertingkatmu mudah untuk dijelajahi. Penasaran apa saja hal tersebut? Ini dia pemaparan selengkapnya spesial untuk kamu.

1. Rencanakan tata letak yang baik

ilustrasi merencanakan tata letak (pexels.com/SHVETS production)

Salah satu kunci untuk membuat rumah bertingkat lebih mudah dijelajahi adalah merencanakan tata letak yang baik. Posisikan ruang-ruang utama seperti dapur, ruang makan, dan ruang tamu di lantai pertama. Hal ini akan membuat aktivitas sehari-hari lebih mudah diakses dan mengurangi kebutuhan untuk naik turun tangga secara berulang.

Banyak orang yang menempatkan kamar tidur utama di lantai pertama dan kamar tidur lainnya di lantai atas. Padahal, lebih baik tempatkan semua kamar tidur di lantai dua karena sama-sama ruang privat. Ini akan memudahkan akses antar kamar tidur tanpa perlu naik turun tangga, terutama jika kamu memiliki anak kecil atau anggota keluarga yang lanjut usia.

Baca Juga: 3 Trik Memisahkan Ruangan Tanpa Sekat dengan Elegan

2. Organisasi ruangan yang efisien

ilustrasi mengorganisasi ruangan (pexels.com/Gerzon Piñata)

Cara untuk memulai organisasi ruang yang efisien bisa dengan meletakkan barang-barang yang sering digunakan di lantai yang paling sering kamu kunjungi. Misalnya, barang-barang dapur sebaiknya diletakkan di lantai dasar jika kamu sering memasak di sana. Bisa juga barang-barang koleksi dan barang hobi yang kamu miliki semuanya ditaruh di dekat ruang santai atau kamar tidur di lantai dua.

Gunakan juga penyimpanan yang cerdas, seperti lemari atau rak tambahan, untuk mengurangi keberantakan dan membuat ruangan lebih teratur. Kamu akan merasakan perubahan signifikan saat berinvetasi pada penyimpanan ini. Terakhir, pertimbangkan penggunaan area bawah tangga untuk penyimpanan tambahan, seperti lemari pakaian atau rak buku.

Baca Juga: 5 Cara untuk Meningkatkan Sirkulasi Udara di Rumah, Biar Gak Pengap

Verified Writer

Alfikri Saga

.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya