TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Semakin Mahir di Bidang yang Kamu Tekuni, Bikin Orang Melirik

Terus berproses sampai banyak orang tahu, kamulah ahlinya

ilustrasi seorang yang mahir di bidang yang ditekuni (pexels.com/Kyle Loftus)

Punya hobi yang dijadikan bidang pekerjaan? Ada kemampuan juga untuk mengolahnya menjadi keberhasilan nyata? Jangan berhenti berproses, asah lagi potensi itu sampai kamu memahami dan menguasai bidang tersebut. Menjadi pribadi yang mahir di suatu bidang, tanpa banyak bicara untuk meyakinkan orang, dijamin mereka akan tahu sendiri bahwa kamulah yang ahli. Sehingga, mereka pun akan tertarik mengajakmu bekerja sama.

Maka, rajinlah melakukan kegiatannya sambil meningkatkan kualitas diri. Buat orang lain kagum dan ingin belajar darimu. Bikin mereka tertarik melirikmu hingga memberikan penawaran kerja sama yang tentunya menguntungkan finansialmu juga. Sekarang, coba lakukan lima tips berikut, supaya kamu semakin mahir dalam bidang yang ditekuni saat ini.

1. Tahu apa yang menjadi passion

ilustrasi menjalankan passion (pexels.com/cottonbro)

Passion adalah gairah yang bikin kamu semangat menjalani suatu kegiatan. Untuk bisa menjadi mahir dalam bidang apa saja, ketahui dulu apa yang menjadi gairahmu. Coba renungkan kelebihan apa yang kamu punya? Lalu, minat besar apa yang ingin kamu lakukan? Kemudian, bisakah kamu menikmati dan konsisten ketika menjalaninya? Apabila kemampuan ada, minatnya juga kuat, lalu bisa disiplin dan konsisten menjalaninya, bisa dikatakan itu adalah gairahmu. Jika terus diasah, pasti semakin mahir dalam bidang tersebut.

Baca Juga: 7 Alasan Kamu Harus Mengasah Kreativitas di Bidang Menulis, Mau Coba?

2. Temukan nilai gunanya untuk masa depanmu

ilustrasi menemukan sesuatu yang bermanfaat (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Supaya bisa mahir menjalani bidang tertentu, kamu perlu semangat untuk terus melakukannya. Biar api semangat gak padam, coba temukan nilai gunanya untuk masa depanmu. Apa manfaat baiknya di masa depan? Ketika kamu tahu bahwa menekuni bidang ini bisa bikin sukses mengejar impian, pasti gak gampang menyerah dan terus ada kemauan untuk meningkatkan kemampuannya. Sebab, kamu merasa yakin dengan waktu, pikiran, energi, bahkan biaya yang sekarang dikeluarkan untuk kebutuhan belajar, itu gak akan sia-sia.

3. Berani ambil tindakan untuk benar-benar mencoba

ilustrasi memiliki keberanian keluar dari zona nyaman (pexels.com/Jack Sparrow)

Pasti selalu ada hal baru dalam bidang yang sudah lama kamu tekuni. Tantang diri untuk berani mencobanya. Milikilah kemantapan hati supaya keraguan perlahan menghilang, dan muncul keberanian menghadapi upaya keluar dari zona nyaman dengan rasa percaya diri. Kemahiran gak bisa dimiliki dalam semalam, perlu proses latihan. Maka, beranilah mengambil tindakan nyata untuk meningkatkan kemampuanmu, salah satunya adalah terbuka dan siap belajar hal-hal yang baru untukmu.

4. Punya komitmen tinggi

ilustrasi orang yang berkomitmen melakukan suatu hal (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Seseorang yang ahli di bidangnya, pasti juga pernah mengalami jatuh bangun. Namun, dengan komitmen yang tinggi, mereka selalu punya cara untuk bisa terus menekuninya. Berjanjilah kepada diri sendiri untuk gak mudah putus asa, hingga berpindah-pindah bidang. Jika kamu sudah yakin ingin bisa menguasai bidang tertentu dan menjadikannya masa depanmu, maka berkomitmenlah selama prosesnya, apalagi jika sudah didukung oleh gairah dalam diri, kamu pasti bisa bertanggung jawab dengan apa yang kamu lakukan saat ini.

Baca Juga: 5 Keuntungan Mengasah Potensi Diri secara Berkelanjutan

Verified Writer

Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya