TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Menjaga Fokus saat Padat Rutinitas, Kreativitas Jalan Terus

Jadwal padat? Ini supaya kreativitasmu gak terhambat

ilustrasi laki-laki sedang fokus bekerja (pexels.com/Ivan Samkov)

Jadwal kerja atau kegiatan harian padat? Mulai stres hingga sulit fokus? Kreativitas juga alami penurunan? Sekarang, tenangkan hati dan pikiranmu dulu. Meningkatkan produktivitas kerja memang perlu, karena berpengaruh juga terhadap jenjang kariermu. Adanya kepadatan rutinitas bisa menyebabkan seseorang kehilangan fokus, dampaknya sisi kreatif diri juga buntu.

Bagaimana supaya berbagai kegiatan dan kreativitas diri berjalan terus? Jagalah fokusmu, berikut lima tips yang perlu diterapkan.

1. Punya waktu tidur yang berkualitas

ilustrasi tidur nyenyak (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Seseorang yang sering bekerja hingga larut malam, dan menyebabkan pola tidur berantakan, akan merasa sulit dalam hal berfokus. Sebab, pola tidur gak teratur, serta gak sesuai dengan jam tidur yang seharusnya dicukupi per malamnya yaitu, 7-9 jam, kondisi tersebut berefek buruk ke kesehatan fisik, mental hingga pikiran.

Jika kamu sedang berusaha menjaga fokus di tengah kesibukan padat, supaya bisa tetap kreatif, maka milikilah waktu tidur yang berkualitas. Kalau pekerjaan sudah selesai, langsung persiapan tidur saja, gak usah terlalu lama bermain media sosialnya.

Baca Juga: 5 Aplikasi yang Berguna untuk Menjaga Fokus Supaya Tidak Mudah Buyar

2. Atur prioritasnya secara jelas

ilustrasi menentukan prioritas pekerjaan (pexels.com/Karolina Grabowska)

Di tengah padatnya jadwal harian, mulai dari pagi hingga sore hari, jika kamu sembarangan pola pekerjanya, jelas tingkatan fokusnya terus mengalami penurunan. Sehingga, pikiran yang seharusnya menghasilkan ide cemerlang, selalu merasakan kebuntuan.

Maka dari itu, aturlah skala prioritasnya dengan jelas, supaya kamu juga tahu perkiraan waktu penyelesaiannya. Disiplin selama bekerja, supaya saat jam pulang, kamu gak akan membawa sisa pekerjaan ke rumah.

3. Belajar mengelola stres

ilustrasi orang bermeditasi (pexels.com/Monstera)

Ingin menjaga fokus, meski dihadapkan pada jadwal harian padat? Bisa, asalkan kamu pandai mengelola stres yang dirasakan. Kerjakan apa yang bisa segera dikerjakan, hilangkan kebiasaan menunda, karena dapat meningkatkan stresnya.

Cobalah untuk gak khawatir berlebihan dengan apa yang kamu hadapi. Sebab, itu sangat membuang waktu produktifmu. Bukannya menjadi kreatif, malah bisa jadi dipenuhi pikiran negatif.

4. Jalani pola hidup sehat

ilustrasi rutin berolahraga (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Fokus dan kreatif adalah hal yang positif. Ingin mendapatkan sesuatu yang positif, maka usahakanlah yang terbaik. Salah satunya dengan menjalani pola hidup sehat. Tubuh, pikiran, dan perasaan yang positif bisa kamu dapatkan dengan membangun gaya hidup sehat setiap harinya.

Rajinlah berolahraga, mengonsumsi makanan bergizi, perbanyak minum air putih, menggunakan jam istirahat seoptimal mungkin, dan lainnya. Daya fokus dan kreativitas akan lancar, jika kamu memiliki kebiasaan sehat setiap harinya.

Baca Juga: 5 Alasan di Balik Pentingnya Menjaga Fokus dalam Menjalani Hidup

Verified Writer

Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya