TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips agar Tidak Mudah Rapuh dalam Hadapi Tekanan Hidup

Mau atau tidak, kamu harus menghadapi semua itu

ilustrasi pribadi tangguh (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Tekanan hidup memang terkadang membuat beberapa orang menjadi mudah rapuh. Entah dalam kehidupan pribadi, tuntutan profesi, hingga kisah percintaannya.

Akan tetapi, apa pun yang terjadi kamu tidak bisa menghindari. Sehingga, perlu kekuatan untuk menghadapi semua itu. Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan, agar tidak mudah rapuh dalam menghadapi tekanan di dalam kehidupan.

1. Jangan memaksakan diri untuk harus selalu tegak

ilustrasi bersedih (pexels.com/Yan Krukov)

Menghadapi tekanan hidup, memanglah berat, maka jika kamu tak mampu berdiri tegak, janganlah memaksakan diri. Beberapa orang saat dirinya mulai rapuh, dia akan mulai menangis.

Maka, tidak usah malu untuk menangisi tekananmu. Ini adalah hal yang wajar dan malah mampu membuatmu kuat pada akhirnya. Sehingga, kerapuhan tidak akan semakin parah merasuki perasaan dan pikiranmu.

Baca Juga: 5 Tips Atasi Tekanan Lingkungan, Jangan Sampai Terbawa Arus!

2. Dekatkan diri pada Sang Pencipta

ilustrasi berdoa (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Tetaplah mendekatkan dirimu pada Sang Pencipta. Dalam kondisi yang sedang banyak tekanan, jika kamu jauh dari Yang Maha Kuasa, kerapuhan malah semakin terasa.

Hati yang sedang tidak kuat menahan tekanan, sebaiknya janganlah dijauhkan dari yang menciptakan kehidupan. Berdoalah agar kamu diberi kekuatan menghadapi segala hal yang terjadi.

3. Tetap menjalin interaksi dengan orang-orang yang kamu percaya

ilustrasi orang bercerita (pexels.com/Edmond Dantès)

Seseorang yang sedang tertekan, biasanya selalu ingin menyendiri. Akan tetapi, janganlah memutuskan kontak dengan orang-orang terdekat yang kamu percayai. Sebab, kehadiran mereka dapat memberikan kekuatan kepadamu.

Dengan begitu, hati tidak akan semakin rapuh, akibat merasa sendiri di tengah cobaan hidup yang sedang dialami. Tetaplah meluangkan waktu untuk menyapa dan bercerita dengan mereka, ya.

4. Temukan sesuatu yang bisa kamu syukuri

ilustrasi orang bersyukur (pexels.com/cottonbro)

Meski, kehidupan sedang membuat tertekan, tapi percayalah tetap ada hal-hal yang bisa kamu syukuri. Temukanlah hal itu, karena mensyukurinya dapat meningkatkan energi positif yang bisa membuatmu kuat lagi.

Misalnya, sisi positif dari apa yang sedang terjadi sekarang, dapat membuatmu mengerti bahwa perjuangan itu memang perlu. Sehingga, sisi rapuhmu bisa tergantikan menjadi pribadi yang tangguh.

Baca Juga: 5 Tindakan Pencegahan Alami saat Ada Tekanan Hidup

Verified Writer

Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya