TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Mendorong Orang Lain agar Bersemangat untuk Bercerita

Jadikan dirinya sebagai topik utama 

ilustrasi orang sedang berbagi cerita kepada temannya (pexels.com/Karolina Grabowska)

Saling berbagi cerita kepada teman maupun keluarga atau juga pasangan, ternyata memberikan efek positif bagi kehidupan yang sedang kamu jalani. Dengan saling berbagi cerita, selain akan meningkatkan hubungan di antara kalian, kegiatan ini juga dapat membantu orang lain atau bahkan kamu sendiri dalam mengurangi beban pikiran.

Jangan sia-siakan kesempatan untuk berbagi cerita kepada orang lain. Namun, bagaimana jika ada orang yang sulit untuk berbagi cerita karena berbagai alasan? Gak perlu memaksanya, lebih baik dorong dia saja agar bersemangat untuk berbagi cerita juga. Berikut lima cara yang bisa membuat orang lain bersedia dan bersemangat untuk membagikan ceritanya, tanpa harus merasa terpaksa.

1. Jadikan dirinya sebagai topik utama 

ilustrasi berbicara (pexels.com/Alexander Suhorucov)

Cara agar orang lain menjadi bersemangat untuk berbagi cerita padamu yaitu, dengan menjadikannya sebagai topik utama. Dalam hal ini, bukan berarti membicarakannya sepanjang waktu, ya. Namun, jadikan berbagai hal yang ada pada dirinya sebagai pemancing obrolan.

Bertanyalah tentang apa yang disukainya, tentang pengalaman dan prestasinya, kegiatan sehari-harinya dan sebagainya. Ketika pribadi orang lain menjadi topik dalam pembicaraan, maka dia akan merasa senang dan merasa dipedulikan olehmu. Percayalah, orang lain pasti senang jika apa yang ada pada dirinya menjadi hal yang diperhatikan dan dijadikan topik utama dalam percakapan. Seiring berjalannya waktu, pasti dia akan mulai bersemangat untuk berbagi cerita padamu.

Baca Juga: 5 Hal Baik yang Bisa Dipetik jika Kamu Sering Bercerita ke Orang Lain

2. Jangan suka memotong pembicaraan 

ilustrasi memotong pembicaraan orang lain (pexels.com/LinkedIn Sales Navigator)

Cara berikutnya agar orang lain bersemangat untuk berbagi cerita padamu yaitu, jangan pernah berusaha memotong pembicaraan yang sedang berjalan. Bersikap baiklah, sopan dan santun dengan menjadi pendengar yang aktif. Dengarkan orang lain ketika dia sedang berbicara, jangan pernah menyelanya saat dia belum selesai berbicara.

Jika kamu ingin memberikan tanggapan, tunggulah sampai dia benar-benar sudah tuntas berbicara. Jika kamu memiliki kebiasaan suka memotong pembicaraan orang lain, maka selain akan menurunkan semangat orang tersebut dalam bercerita. Untuk ke depannya, dia juga bisa saja menjadi malas berbagi cerita lagi padamu.

3. Ceritakan tentang dirimu kepadanya 

ilustrasi orang berbicara (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Salah satu cara agar orang lain mau terbuka dan berbagi cerita padamu yaitu, cobalah untuk mulai terbuka dan bercerita terlebih dulu padanya. Apabila kamu bersikap terbuka kepada orang lain, maka orang tersebut akan merasa bahwa kamu menganggap dirinya itu penting bagimu.

Dia akan merasa bahwa kamu mempercayainya, karena bersedia terbuka dan menceritakan kehidupanmu padanya. Maka, nantinya dia pun akan melakukan hal yang sama padamu. Dia akan mulai mempercayaimu dan merasa aman, serta nyaman untuk membagikan cerita atau pengalamannya padamu.

4. Ingatlah selalu untuk gak membicarakan keburukan orang lain 

ilustrasi orang sedang bergosip (pexels.com/cottonbro)

Bergosip atau membicarakan keburukan orang lain, itu memang menyenangkan dan selalu asyik, serta gak akan pernah kehabisan topik. Namun, bukan dengan cara yang seperti itu, untuk membuat orang lain mau berbagi cerita padamu. Tetaplah gunakan cara yang positif, jangan malah memancing dia agar mau bercerita dengan memulai sebuah gosip.

Jika kamu memiliki kebiasaan bergosip, dan sudah banyak orang yang mengetahuinya, maka besar kemungkinannya orang lain akan sulit percaya padamu. Sehingga, untuk berbagi cerita padamu, orang lain pasti akan berpikir panjang terlebih dulu, karena mereka juga takut apabila nanti dirinya yang kamu jadikan bahan gosip bersama yang lainnnya.

Baca Juga: Jadilah Orang yang Suka Bercerita Agar 5 Hal Ini Bisa Kamu Dapatkan

Verified Writer

Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya