TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Lakuning Srengenge, Weton yang Punya Banyak Sifat Baik

Kebaikannya membuat pemilik weton ini sangat dicintai

ilustrasi pribadi yang unik dan menarik dalam lingkungan pergaulan (pexesl.com/Andrea Piacquadio)

Bagi masyarakat Jawa, tentu gak asing lagi dengan istilah weton, yaitu perhitungan hari lahir dan hari pasaran berdasarkan sistem penanggalan Jawa. Karakter hingga nasib seseorang bisa dilihat dari weton kelahirannya.

Dalam primbon Jawa, ada tiga weton yang memiliki watak lakuning srengenge. Lalu, apa sebenarnya makna dari lakuning srengenge? Mari, telusuri lebih lanjut dalam artikel ini.

1. Weton lakuning srengenge memiliki neptu yang besar yaitu 15

ilustrasi orang bertanggung jawab dengan pekerjaannya (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Weton yang disebut sebagai lakuning srengenge memiliki neptu 15, angka yang besar artinya menunjukkan kekuatan dan keistimewaan dalam primbon Jawa. Ada tiga weton yang termasuk dalam kategori ini, yaitu Jumat Pahing dengan nilai neptu 6+9= 15, Rabu Kliwon dengan nilai neptu 7+8= 15, dan Kamis Pon 8+7= 15.

Penjumlahan neptu yang hasilnya besar ini gak sekadar menunjukkan kekuatan spiritual, tapi juga menggambarkan watak dan jalan hidup yang menarik. Sifat-sifat mereka kerap disandingkan dengan matahari yang senantiasa menyinari serta memberi energi positif ke sekitar.

2. Watak pemilik weton lakuning srengenge

ilustrasi tekun dalam bekerja (pexels.com/Nataliya Vaitkevich)

Mencerminkan kepribadian seperti matahari yang hangat bersahabat, namun terkadang panasnya menyengat. Mereka yang lahir dengan weton ini memiliki sifat-sifat penuh semangat dan keras, sering kali juga mudah tersulut emosi. Namun, di balik sifat tersebut, ada banyak kebaikan yang dimiliki sehingga membuatnya dihormati dan dicintai.

Sifat baiknya antara lain, jujur, bertanggung jawab, tekun, mandiri, ikhlas, dan sangat peduli dengan kebersihan. Mereka juga dikenal dermawan, selalu berusaha membantu orang lain dengan tulus. Karena dominasi sifat baiknya, gak heran jika weton ini sering dikelilingi oleh banyak teman baik dan disayang sekitarnya.

Dalam tindakan, mereka cenderung mengandalkan perasaan. Terkadang, mudah terluka ketika prinsipnya dilanggar oleh orang lain, namun mereka bukan pendendam, weton ini mampu memaafkan orang yang menyakitinya dengan mudah. Terdapat juga sisi emosional lainnya seperti rasa marah, namun jarang sekali bahkan tidak diperlihatkan di depan orang.

Sikapnya memang usil dan berlebihan dalam bercanda, sehingga tanpa sadar dapat menyakiti hati orang lain. Meski begitu, kepribadiannya ramah dan mudah bergaul yang membuat mereka memiliki banyak teman.

Baca Juga: Arti Pesthi dalam Weton Jawa, Diprediksi Harmonis

3. Perihal karier dan asmara

ilustrasi pengusaha sukses (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Dalam hal karier dan pekerjaan, pemiliki weton lakuning srengenge diramalkan memiliki banyak keberuntungan, terutama ketika meniti karier sebagai pengusaha. Karakter mandiri, jujur, dan bertanggung jawabnya juga membuat mereka cocok jadi pemimpin.

Dengan kemampuan tangguhnya menghadapi tantangan dan tepat mengambil keputusan, mereka bisa sukses dalam bidang kerja yang digeluti. Weton ini punya potensi besar untuk mengelola usaha pribadinya dengan baik hingga meraih kesuksesan finansial.

Tentang asmaranya, perjalanan memang tak selalu mulus. Kerap mengalami patah hati karena dikhianati oleh pasangan. Akan tetapi, kebaikan hati dan ketulusan yang dimiliki, pada akhirnya membuat mereka menemukan cinta sejati.

Verified Writer

Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya