TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara agar Bisa Seimbang dalam Berkehidupan, Jaga Ekspektasi!

Seimbangkan diri dalam menjalani hidup ini

ilustrasi mengambil pelajaran dari kehidupan (pexels.com/Porapak Apichodilok)

Keseimbangan menjadi hal yang penting untuk diupayakan. Apalagi dalam menjalani kehidupan, setiap orang pasti punya kegiatan masing-masing yang bisa menyebabkan pola hidupnya tidak seimbang.

Ketidakseimbangan tersebut memengaruhi seluruh hidupmu hingga emosi diri. Oleh karena itu, lakukan beberapa cara berikut ini untuk bisa seimbang dalam berkehidupan.

 

1. Belajar menerima segala hal yang terjadi

ilustrasi menerima kenyataan hidup (pexels.com/Lamar Belina)

Penerimaan terhadap segala sesuatu yang berkaitan denganmu merupakan cara pertama untuk mendapatkan keseimbangan kehidupan. Meskipun ada pengalaman yang tidak menyenangkan, belajarlah menerimanya.

Saat kamu bisa menerima, maka ke depannya semua akan ringan untuk dijalankan dengan sebaik mungkin. Ini tentunya meringankan beban pikiran dan menenangkan perasaan.

Baca Juga: 5 Cara Menyikapi Situasi yang Tidak Sesuai Ekspektasi

2. Menjaga harapan supaya tidak berlebihan

ilustrasi berharap secara realistis (pexels.com/João Jesus)

Setiap orang memang harus mempunyai harapan agar dalam berkegiatan kian bersemangat. Namun, kamu juga harus bisa menyeimbangkannya dengan kenyataan.

Jangan sampai cara berharapmu berlebihan dan tidak memperhitungkan keadaan yang sedang dihadapi. Atur diri dalam menginginkan sesuatu. Lihat situasi dan sesuaikan dengan apa yang kamu harapkan.

3. Belajar mengelola emosi

ilustrasi orang yang mampu mengontrol emosi dalam bereaksi (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Setiap manusia pasti memiliki emosi yang terkadang naik dan turun. Untuk memiliki kehidupan yang seimbang, belajarlah mengelola emosimu.

Jika emosi sedang tidak stabil, temukan cara untuk mengembalikannya. Memang perlu waktu untuk membiasakan diri. Maka dari itu, mulailah dari saat ini.

4. Mencintai diri dengan sepenuh hati

ilustrasi mencintai diri sendiri (pexels.com/MART PRODUCTION)

Mencintai diri sendiri bukan tindakan yang egois. Justru ini adalah sesuatu yang bisa membuat hidupmu semakin seimbang dan hasilnya semua terasa menyenangkan.

Pribadi yang mampu mencintai dirinya terlebih dulu, tidak akan berlebihan ketika dia mulai jatuh cinta kepada orang lain. Hal ini sangat memberikan keseimbangan untukmu dalam menjalani kehidupan, baik pribadi hingga asmara.

Baca Juga: 5 Manfaat Menerapkan Gaya Hidup Minimalis untuk Kesehatan Mental

Verified Writer

Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya