TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Arti Sujanan dalam Tradisi Hitung Weton Jodoh

Diprediksi kurang baik

ilustrasi perselingkuhan (pexels.com/Freestocks.org)

Hitung weton jodoh menjelang pelaksanaan pernikahan di masyarakat Jawa merupakan salah satu cara mengetahui kecocokan antara dua calon pasangan. Tradisi ini telah menjadi warisan budaya dari nenek moyang dan masih dilaksanakan oleh beberapa masyarakat Jawa.

Istilah Sujanan menjadi salah satu hasil penghitungannya. Hasil ini menunjukkan kurang baik yaitu akan banyak mengalami perselisihan, terutama tentang perselingkuhan, bisa dari pihak laki-laki atau perempuannya.

Berikut akan dibahas lebih dalam mengenai arti dari Sujanan dalam tradisi hitung weton masyarakat Jawa menjelang akan dilaksanakannya pernikahan.

1. Sujanan terdiri dari angka 7, 16, 25, dan 34

ilustrasi pertengkaran dalam hubungan (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Hitung weton adalah warisan budaya yang tujuannya untuk kebaikan bersama. Tradisi ini masih dipercaya dan dijalankan oleh banyak keluarga sebagai langkah awal menuju pernikahan. Bukan sekadar ritual, ini juga sebuah persiapan calon pasangan untuk membangun rumah tangga bahagia.

Berbagai aspek digali lebih dalam setelah hitungan selesai dilakukan. Aspek seperti kecocokan karakter, potensi kesuksesan, hingga perihal tantangannya. Ini bisa jadi panduan dan antisipasi bagi pasangan ketika mengalami tantangan kehidupan pernikahan.

Upaya ini untuk menghindari hal-hal negatif yang mungkin saja bisa terjadi di rumah tangga mereka. Dengan memahami secara bijak apa pun hasil hitungannya, harapannya keluarga calon pengantin harmonis sejahtera.

Hitung weton bisa jadi semacam gambaran tentang perjalanan berumah tangga calon pengantin. Meski, zaman kini telah berubah, namun beberapa kalangan masih menjaga tradisi ini sebagai panduan menjelang pernikahan.

Dalam hitungan weton, Sujanan memiliki makna kurang baik. Sujanan diartikan sebagai perselingkuhan, pertengkaran karena ada pihak ketiga, ketidaksetiaan pada pasangan. Hasil dikategorikan Sujanan ketika menunjukkan angka seperti 7, 16, 25, dan 34.

Angka-angka ini dianggap sebagai pertanda untuk waspada. Diramalkan akan muncul banyak permasalahan di rumah tangganya. Konflik dan masalah yang muncul khususnya berkaitan dengan perselingkuhan. Tentu saja, ini bisa jadi peringatan untuk lebih waspada dan menjaga kepercayaan satu satu sama lain jika ingin rumah tangganya harmonis.

Pelajarannya yang bisa diambil adalah saling percaya, kuat dalam berkomitmen membangun rumah tangga, sehingga tidak mudah tergoda oleh pihak ketiga yang merusak hubungan pernikahan.

Baca Juga: Weton Jodoh Ketemu 27 Artinya? Cek 5 Hal Ini, ya!

Verified Writer

Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya