TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan Perlunya Mengelilingi Diri dengan Orang Berkarakter Positif

Ingat, energi itu menular!

ilustrasi berkegiatan bersama teman yang positif (pexels.com/THIS IS ZUN)

Siapa dirimu bisa dilihat dari siapa orang-orang di sekelilingmu. Betapa pentingnya mengelilingi diri dengan banyak orang yang berkarakter positif, karena di situlah kamu akan bertumbuh, bisa menjadi lebih baik atau sebaliknya.

Tak hanya sekadar menambah teman saja, tapi juga sebagai wadah tempatmu berkembang. Itulah yang menjadi alasan perlunya kamu berupaya mengelilingi diri dengan mereka yang berkarakter baik dan berperilaku positif. Berikut beberapa alasan lainnya yang perlu kamu tahu, supaya lebih berhati-hati dalam masuk ke sebuah komunitas pertemanan.

1. Energi itu mudah menular 

ilustrasi tersenyum dan berbahagia bersama (pexels.com/Weezy)

Alasan pertama yaitu, karena energi seseorang mudah menular. Jika orang di sekelilingmu berenergi positif, maka kamu akan merasakan dampak baiknya. Namun, jika energinya negatif disebabkan karakternya maupun tingkah laku maupun kebiasaannya, tentu efek negatifnya pun akan menular ke kamu.

Maka, ketika kamu ingin bergabung dalam sebuah komunitas pertemanan, amati dengan sungguh kepribadian dan kebiasaan yang mereka lakukan. Jika kamu melihat adanya pola yang kurang baik, mulai beri batasan dalam hal berteman. Mengenalnya boleh saja, tapi tak terlalu dekat pun bukan masalah, supaya energi negatifnya tak masuk ke dalam dirimu.

Baca Juga: 5 Alasan Kudu Berteman dengan Orang Produktif

2. Supaya kamu merasakan ketulusan dari orang lain 

ilustrasi orang berpelukan (pexels.com/Elina Fairytale)

Pribadi berkarakter positif, biasanya memiliki ketulusan dalam berteman. Tak ada niatan buruknya padamu. Jika ada perbedaan kepribadian di antara kalian, mereka bisa mengerti dan memahami, sehingga pertemanan bisa saling nyaman, karena satu sama lain akan menghargai perbedaan yang ada dalam diri masing-masing.

Ketulusan memberikan rasa nyaman, dan mampu mendorong diri untuk berkembang bersama. Perbedaan bukan menjadi suatu penghalang bagi mereka yang berkarakter positif untuk tulus menyayangimu sebagai temannya. Ketulusan bisa kamu rasakan, sekarang belajarlah untuk lebih peka terhadap sekitar.

3. Kesuksesan bisa diraih bersama, sekalipun bidangnya berbeda 

ilustrasi orang muda sukses (pexels.com/Mikhail Nilov)

Berteman dengan mereka yang berkarakter positif, dapat mendorongmu untuk lebih maju dan sukses lagi, sekalipun bidang yang kalian tekuni berbeda. Mereka yang baik akan selalu mendukung dan memberikan masukan positif kepada orang-orang di sekelilingnya.

Namun, sebaliknya jika kamu dikelilingi oleh orang yang negatif, rasa iri dan dengki dalam dirinya bisa merugikanmu, sebab akan selalu ada upaya untuk menjerumuskan dan menjatuhkanmu. Berhati-hatilah dalam memilih teman, agar masa depanmu gak suram.

4. Supaya bisa diajak berdiskusi secara berkualitas 

ilustrasi orang berdiskusi (pexels.com/fauxels)

Bergabung bersama teman yang positif memberikan banyak hal baik bagi diri, salah satu alasannya karena mereka bisa diajak berdiskusi secara berkualitas. Dalam hal ini berarti, komunikasi yang terjadi berjalan secara dua arah, dan saling mengungkapkan pendapat, serta mampu merespons dengan penuh kebijaksanaan.

Berdiskusi bersama orang yang positif, kamu akan mendapatkan banyak pengalaman baru. Sebab, mereka gak pernah ragu untuk membagikan ilmunya. Lalu, jika kamu ingin belajar pun, mereka bersedia untuk mengajarkannya padamu. Diskusi yang berjalan, tak hanya menyenangkan, tapi juga memberikan manfaat yang bisa kamu gunakan sebagai sarana berkembang.

Baca Juga: 5 Cara untuk Bantu Kamu Hadapi Quarter Life Crisis, Jangan Minder!

Verified Writer

Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya