TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan jika Ingin Keluar dari Zona Nyaman, Janganlah Ragu

Bertahan atau tidak jika masih ragu, sama saja tak ada hasil

ilustrasi perempuan karier ngobrol (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Segala jenis keraguan hingga ketakutan bisa saja mengiringi seseorang, ketika dirinya akan melangkah untuk keluar dari zona nyaman. Entah mau bertahan atau tidak, jika masih ada sisi ragu di dalam diri, tentu saja akan sama hasilnya yaitu ketidakberhasilan. Simak beberapa alasan berikut ini, jika kamu sudah yakin ingin keluar dari zona nyaman, janganlah menyisakan sedikit pun keraguan.

1. Akan meningkatkan rasa stres yang dialami 

ilustrasi orang merasa stres (pexels.com/Arina Krasnikova)

Keluar dari zona nyaman, pastinya ada beberapa tantangan yang harus siap dihadapi. Biasanya juga tak mudah, sebab kamu harus melakukan berbagai hal yang merupakan di luar kebiasaan diri selama ini. Maka, stres itu adalah hal yang wajar, tapi agar gak sampai berlebihan, salah satu upaya yang harus dilakukan sejak awal adalah yakin terhadap keputusan yang kamu ambil.

Apabila sudah mantap untuk melangkah keluar dari zona nyaman, berjalannya secara bertahap dan majulah dengan kepercayaan diri. Sebab, jika masih ada keraguan yang menyelimuti hati, pasti prosesnya akan membuatmu semakin stres dan tertekan.

Baca Juga: 7 Manfaat buat yang Berani Keluar dari Zona Nyaman 

2. Supaya kamu berani mencoba sesuatu yang baru 

ilustrasi seseorang yang berani mencoba hal baru (pexels.com/Thirdman)

Memutuskan keluar dari kenyamanan yang sudah menjadi bagian dari hidupmu, bisa berdampak positif dan juga negatif. Semua tergantung dari diri sendiri. Apabila kamu sudah yakin ingin melakukannya, janganlah setengah-setengah menjalani prosesnya.

Zona nyaman menghadirkan banyak hal baru yang perlu dicoba. Jika kamu masih ada keraguan, tentu tak bisa berproses secara maksimal, sebab tak ada keberanian untuk mencoba hal-hal baru yang ada. Lalu, apa tujuanmu keluar dari zona nyaman, jika tak mau melakukan sesuatu yang baru dalam hidupmu?

3. Agar perkembangan diri semakin optimal 

ilustrasi mengembangkan potensi diri (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Keraguan di dalam hati dalam upaya melangkah keluar dari zona yang nyaman, membuatmu enggan melakukan aktivitas yang belum biasa dilakukan. Ketika kamu hanya beraktivitas secara pilih-pilih dari sudut kenyamanan diri, maka perkembangan diri pun tak akan optimal kamu dapatkan.

Apabila sudah yakin, maju dan melangkahlah dengan pasti. Hilangkan keraguan dan ketakutan yang masih tersisa di dalam diri. Tujuannya yaitu agar semua usahamu bisa dilakukan secara maksimal, sehingga hasilnya pun optimal.

4. Supaya kemampuan diri juga semakin terasah 

ilustrasi mengerahkan kemampuan terbaik saat bekerja (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Merasa ragu, resah, dan takut, asalkan tidak berlebihan, itu masih bisa diatasi dengan cara meneguhkan hati lagi. Kuatkan niat dan jalani tahapannya secara konsisten. Perlahan tapi pasti segala jenis keraguan dan perasaan negatif lainnya akan menghilang.

Ragu hanya akan membuatmu tak maju-maju. Jika begitu, yakinkah kemampuan diri bisa semakin terasah? Tentu tidak, tingkatan kemampuanmu cenderung sama seperti dulu, tak ada peningkatan yang menunjukkan perubahan ke arah lebih baik.

Baca Juga: 5 Tanda Sudah Saatnya Kamu Keluar dari Zona Nyaman, Persiapkan Diri!

Verified Writer

Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya