TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Rekomendasi Buku tentang Rasulullah, Cocok Dibaca di Bulan Maulid

Selama belum memahami Nabi, itu bukan cinta!

ilustrasi buku-buku yang menjelaskan Nabi Muhammad (pexels.com/cottonbro studio)

Sebagai seorang muslim, mengikuti sunah Rasulullah adalah bukti cinta kepadanya. Sunah adalah menyandarkan sesuatu sesuai dengan perkataan, tindakan dan ketetapan Nabi Muhammad. Apa yang Rasulullah kerjakan, kita kerjakan. Apa yang tidak dikerjakannya, kita tinggalkan.

Mencintai Rasulullah bisa melalui banyak cara, di antaranya sering menyebut namanya, menjalankan sunah-sunahnya, hingga memahami kepribadian dan tingkah laku sehari-harinya. Tidak bisa dinamakan cinta jika hanya mengenal nama tanpa memahami. Logikanya, apa kita bisa mencintai seseorang tanpa melihat kelebihannya?

Kita mencintai sesuatu lantaran adanya kelebihan pada sesuatu tersebut. Layaknya mencintai Rasulullah ini, kita mencintainya lantaran adanya keagungan pada dirinya. Meski tidak melihatnya secara langsung, kita bisa memahaminya lewat buku-buku.

Berikut ini adalah lima rekomendasi buku untuk memahami dan mencintai Rasulullah. Simak, ya!

1. Syamail Muhammadiyah karya Imam Tirmidzi

ilustrasi cover buku terjemah Syamail Muhammadiyah (dok. Gramedia.com)

Syamail Muhammadiyah bisa kita pelajari sebagai wujud memahami karakteristik Rasulullah. Karangan Imam Tirmidzi ini memuat penjelasan tentang kehidupannya sehari-hari, mengenai ciri-cici rasulullah, cara menggunakan celak, sorban, cincin, adab makan dan minum, berjalan, hingga tempat tidurnya.

Buku ini merinci secara detail kepribadian Rasulullah yang dihimpun dalam bentuk Hadis. Buat kita yang ingin memahami kebiasaan-kebiasaannya, dan tidak memiliki waktu banyak, buku karya Imam Tirmidzi ini cocok kita pelajari untuk meningkatkan cinta kita pada Rasulullah. Versi terjemah juga sudah banyak tersedia.

2. Khulashah Nurul Yaqin karya Syaikh Umar Abdul Jabbar

ilustrasi cover buku Khulashah Nurul yaqin (dok. Shopee.co.id)

Buku Khulashah Nurul Yaqin memuat perjalanan hidup Rasulullah. Karya Syaikh Abdul Jabbar ini memiliki tiga juz yang masing-masingnya memiliki pembahasan yang berbeda-beda. Juz 1 memuat penjelasan Rasulullah sebelum diangkat jadi Nabi, hingga sebelum hijrah ke Madinah. 

Juz 2 menjelaskan tentang hijrah Nabi dari Makkah ke Madinah, perjalanan Rasulullah membangun Masjid Nabawi, awal mula azan, hingga peperangan. Sementara di juz 3, memuat penjelasan perjalanan Islam di era para Khulafaur Rasyidin, biografi mereka, hingga perjuangan-perjuangannya.

Karya Abdul Jabbar ini bisa kita jadikan bahan untuk memahami alur sejarah kehidupan Rasulullah. Keunggulan buku ini, selain lengkap, di dalamnya juga memuat ringkasan dan tanya jawab seputar pembahasan yang telah lalu. Cocok untuk para pemula.

Baca Juga: 6 Tips Praktis Manajemen Waktu ala Rasulullah SAW 

3. Al-Adzkar karya Imam An-Nawawi

ilustrasi kitab Al-Adzkar An-Nawawi (dok. Shopee.co.id)

Kitab Al-Adzkar bisa kita jadikan rujukan untuk melakukan amal ibadah sesuai ketentuan Nabi Muhammad. Karya Imam An-Nawawi ini memuat penjelasan doa-doa harian yang sesuai dengan Al-Qur’an dan Hadis. Di dalamnya juga menjelaskan zikir-zikir yang sering digunakan oleh Nabi.

Tidak hanya seusai salat, kitab 'Al-Adzkar' juga menyajikan zikir dan doa seperti halnya dalam perjalanan, saat sakit, saat puasa, salam, hingga zikir pernikahan. Kitab ini sangat cocok dijadikan rujukan utama agar zikir dan doa kita sesuai dengan ajaran Nabi.

4. Al-Barzanji karya Sayyid Zainal Abidin Ja’far Al-Barzanji

ilustrasi buku Barzanji (dok. Tokopedia.com)

Berbeda dengan buku-buku sebelumnya, buku ini menyajikan sejarah perjalanan Nabi dalam bentuk syair. Mengulas perjalanan hidup dari kelahirannya hingga wafat, Sayyid Ja’far menyusun kitab ini secara komprehensif. Ringkas, enak dibaca, dan serat makna menjadi daya tarik tersendiri dalam buku ini

Buku ini biasa dibaca oleh umat Islam Indonesia ketika Maulid Nabi. Cara bacanya, biasanya syair dibaca dahulu, baru kemudian membaca doa-doa dan sanjungan kepada Baginda Nabi (seperti membaca Al-Qur’an). Kitab ini sangat cocok untuk kita yang suka membaca puisi maupun pantun.

Writer

Salaful Amin

Lulusan Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur’an (PTIQ) Jakarta

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya