TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Menghilangkan Keraguan Saat Mengambil Keputusan

Batasi pilihan agar tidak banyak pertimbangan

ilustrasi seseorang yang ragu dalam mengambil keputusan (pexels/anna shvets)

Seseorang yang memiliki keraguan sering mencari kepastian dari orang lain dan merasa cemas atas kemungkinan hasilnya. Bahkan untuk keputusan yang tampaknya tidak penting, mereka cenderung berpikir berlebihan, yang pada akhirnya berujung pada penundaan, kekesalan, dan hilangnya kepercayaan dalam mengambil keputusan.

Keraguan saat mengambil keputusan bisa berdampak negatif pada kehidupan profesional seseorang. Hal ini karena keraguan bisa menunda pengambilan keputusan penting dan menyebabkan hilangnya peluang. Selain itu, ini juga bisa menandakan bahwa seseorang tidak memiliki jiwa kepemimpinan yang baik.

Lalu bagaimana caranya agar tidak ragu-ragu lagi saat mengambil keputusan? Ada beberapa tips untuk mengatasi keraguan saat mengambil keputusan.

Baca Juga: 5 Keraguan yang Sering Muncul Saat Pertama Kali Menulis

1. Buatlah daftar pro dan kontra

ilustrasi membuat daftar pro dan kontra (pexels/ono kosuki)

Keraguan bisa datang begitu saja saat mengambil keputusan. Untuk itu kamu harus mengambil langkah yang tepat untuk mengatasinya. Salah satu caranya adalah dengan membuat daftar pro dan kontra berkenaan dengan hal yang ingin diputuskan.

Berikan nilai pada daftar pro dan kontra yang kamu buat. Nilai tersebut akan memberikan kejelasan mengenai keputusan apa yang sebaiknya kamu ambil. Berhati-hatilah dalam mengukur aspek-aspek keputusan agar dapat mempermudahmu mencapai kesimpulan.

2. Jangan meminta saran dari banyak orang

ilustrasi seseorang yang meminta saran dari orang lain (pexels/vitaly gariev)

Saat ragu dalam memutuskan sesuatu, kita terkadang meminta pendapat atau saran dari orang lain. Saran atau pendapat dari orang lain tersebut dapat menjadi pertimbangan saat memutuskan sesuatu. Selain itu, kita juga bisa mendapatkan persepektif lain perihal keputusan yang ingin diambil.

Namun, jika kamu meminta saran dari banyak orang justru akan membuatmu lebih ragu dan bingung saat memutuskan. Untuk itu, batasi jumlah orang yang kamu mintai saran atau pendapat. Mintalah saran dan pendapat dari orang yang dapat kamu andalkan.

Baca Juga: 5 Tips Mengambil Foto saat Traveling, Ketahui Aturannya!

3. Tetapkan deadline

ilustrasi seseorang yang memiliki deadline (pexels/thirdman)

Sebelum memutuskan suatu hal, kita membutuhkan waktu untuk memikirkannya secara matang. Namun, perasaan ragu membuat kita merasa membutuhkan lebih banyak waktu untuk memutuskan sesuatu. Hal ini bisa membuat kita mengulur-ulur waktu dalam pengambilan keputusan.

Untuk menghindari penundaan keputusan, kamu harus menetapkan deadline. Dengan adanya deadline, kamu bisa menjadi lebih tegas dalam pengambilan keputusan. Selain itu, rasa ragu pun dapat diminimalisir.

4. Batasi pilihan

ilustrasi membatasi pilihan (pexels/mikael blomkvist)

Perasaan ragu dalam mengambil keputusan juga bisa disebabkan karena memiliki banyak pilihan. Semakin banyak pilihan maka semakin banyak pertimbangan yang dipikirkan. Hal ini tentu membutuhkan waktu yang lama untuk membuat keputusan.

Untuk itu, kita perlu menyederhanakan proses pengambilan keputusan. Salah satunya adalah dengan membatasi pilihan. Pilihan yang terbatas akan meminimalisir rasa ragu.

5. Pikirkan jangka panjang

ilustrasi seseorang yang memikirkan jangka panjang (pexels/nataliya vaitkevich)

Pertimbangan dalam pengambilan keputusan tidak selalu tentang apa yang bisa kita dapatkan saat ini. Oleh karena itu, saat keraguan muncul dalam pengambilan keputusan, cobalah untuk berpikir ke depan. Dengan begitu kamu akan mempunyai perspektif jangka panjang.

Pikirkan kembali apa dampak yang akan ditimbulkan dari pengambilan keputusan tersebut di masa yang akan datang. Kamu juga bisa mengukur baik dan buruk keputusan yang akan diambil. Hal ini akan membantu memberikan pertimbangan-pertimbangan lain yang menghilangkan keraguan.

Langkah pertama untuk mengatasi keraguan adalah dengan mengakui keraguan itu sendiri. Kamu bisa melakukan lima tips di atas saat mengalami keraguan dalam pengambilan keputusan. Jangan lupa untuk terus meningkatkan keterampilan dalam pengambilan keputusan.

Baca Juga: 3 Tips Atasi Keraguan terhadap Kemampuan Diri, Berikan Energi Positif

Writer

Erni Rahmawati

Penulis bermata bulat yang suka makan cokelat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya