TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Tips Mengatasi Daun Tanaman yang Menguning, Perbarui Media Tanam

Cara tepat menghijaukan kembali daun tanaman

ilustrasi tanaman menguning (unsplash.com/eprouzet)

Daun tanaman menguning menjadi salah satu ciri tanaman yang tidak sehat. Banyak penyebab daun yang hijau berubah menguning. Mulai dari cuaca yang tidak menentu, yang membuat pancaran sinar matahari tidak maksimal. Hingga serangan hama yang merusak tanaman.

Mengetahui penyebab daun tanaman menguning adalah langkah pertama yang harus kamu lakukan. Baru setelah itu kamu bisa memilih cara untuk menanggulangi daun tanaman yang menguning. Karena setiap penyebab daun menguning butuh perawatan yang berbeda. Namun, berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghijaukan daun tanaman yang menguning. 

1. Memberi pupuk kaya nitrogen

ilustrasi berkebun (pexels.com/greta-hoffman)

Nitrogen merupakan salah satu unsur hara yang diperlukan oleh tanaman. Kehadiran nitrogen sendiri bermanfaat untuk memberi warna hijau pada tanaman. Bila unsur hara nitrogen sedikit, maka kemungkinan besar daun tanaman akan menguning.

Untuk itu, berikan pupuk yang tepat untuk mengatasi warna kuning pada tanaman. Pupuk nitrogen bisa kamu dapatkan melalui pupuk kompos atau pupuk kandang. Kedua jenis pupuk ini lebih ramah lingkungan. 

Namun, bila kamu kesulitan membuat atau menemukan pupuk kompos, kamu bisa menggunakan pupuk kimia anorganik. Contohnya pupuk urea atau pupuk NPK 16-16-16. Kedua jenis pupuk anorganik ini paling banyak dipakai dan mudah ditemukan. Akan tetapi, gunakan dosis secukupnya dan usahakan untuk tidak menggunakannya dalam jangka waktu yang lama.

2. Pangkas bagian daun yang menguning

ilustrasi tanaman menguning (unsplash.com/ries_bosch)

Daun yang menguning adalah hal yang normal, terutama saat tanaman mulai menua. Biasanya daun yang sudah tua berwarna kuning kecokelatan berada di pangkal tanaman. Sedangkan pucuk bagian tanaman masih berwarna hijau.

Daun yang berwarna kuning seperti ini bukan terkena penyakit, kekurangan nutrisi, atau terserang hama. Jadi kamu tidak perlu bingung dan khawatir, cukup memangkas bagian daun yang berwarna kuning. Lalu siram dan rawat dengan baik.

3. Perbarui media tanam

ilustrasi media tanam (pexels.com/karolina-grabowska)

Tanaman yang menguning bisa jadi disebabkan oleh media tanam yang sudah tidak subur. Hal ini ditandai dengan tekstur tanah yang mengeras dan berwarna cokelat terang. Jika kamu menemukan media tanam sudah tidak subur, segera ganti dengan media tanam yang baru. Media tanam tidak subur cenderung mengandung sedikit unsur hara yang memengaruhi pertumbuhan tanaman.

Media tanam yang subur umumnya berupa campuran tanah, pupuk kompos, dan sekam arang. Tekstur dari media tanam yang subur juga lebih porous, yaitu tidak mengikat air terlalu lama yang bermanfaat agar air bisa mengalir sampai ke bawah akar. Sehingga air tidak mengendap dan menggenangi tanaman.

Baca Juga: 6 Tanda Tanaman perlu Dipindahkan ke Pot Baru, Perhatikan!

4. Pindahkan pot di area yang terkena banyak sinar matahari

ilustrasi daun layu (pexels.com/chris-f-38966)

Matahari menjadi sumber energi bagi tumbuhan untuk berfotosintesis. Biasanya tanaman yang mudah menguning adalah tanaman-tanaman hias indoor yang jarang terpapar sinar matahari. Meletakkan tanaman di tempat yang terekspos sinar matahari adalah hal yang paling penting.

Bila kamu memiliki tanaman hias indoor, usahakan untuk meletakkan tanaman di area yang terpapar sinar matahari meskipun tidak secara langsung, misalnya di dekat jendela. Untuk tanaman outdoor seperti sayuran, bunga, dan buah memang membutuhkan durasi paparan sinar matahari secara langsung lebih lama. Minimal tanaman outdoor terkena cahaya sinar matahari selama enam jam.

5. Rutin menyiram tanaman dan mengecek drainase pot

ilustrasi berkebun (pexels.com/shvetsa)

Air menjadi kunci utama agar tanaman tetap sehat. Kelebihan dan kekurangan air bisa jadi pemicu tanaman menjadi menguning. Kekurangan air mengakibatkan tanaman kekurangan asupan nutrisi, sedangkan kelebihan air mengakibatkan akar tanaman membusuk.

Kamu harus menyiram tanaman secara tertatur agar daun tanaman tetap hijau. Pastikan untuk selalu tepat waktu menyiram tanaman baik di sore atau pagi hari, terutama saat musim kemarau. Dan kurangi intensitas penyiraman saat memasuki musim penghujan atau pancaroba.

Jangan lupa untuk mengecek drainase pada pot agar air dapat mengalir dan tidak menggenangi tanaman. Drainase yang baik akan mempermudah aliran air sehingga tanaman tidak kelebihan air. 

Verified Writer

Ema Endrawati

Temannya burung hantu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya