TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tanda kalau Anabul Diam-Diam Sayang Padamu

Tingkah anabul yang selalu mencuri perhatian

ilustrasi cat owner bermain dengan kucing kesayangannya (pexels.com/Tranmautritam)

Intinya Sih...

  • Kucing sering menggosok-gosokan kepala sebagai bentuk kasih sayang dan kepercayaan kepada pemiliknya.
  • Kucing mengikuti pemiliknya karena ingin perhatian, bukan hanya untuk makanan, dan menatap wajah lebih lama menandakan rasa sayang.
  • Kucing mengeluarkan suara imut dan tidur di dekat pemiliknya sebagai ekspresi emosi dan ikatan emosional yang kuat.

Kucing atau yang biasa dijuluki dengan anabul oleh pemiliknya merupakan salah satu hewan lucu yang tingkahnya menggemaskan. Tidak heran jika sebagian dari mereka menjadi pecinta kucing. Bahkan sampai merawat selayaknya anak mereka sendiri.

Memelihara kucing ternyata juga bisa menghilangkan stres, loh. Setidaknya bermain dengan mereka dapat mengurangi rasa kecemasan yang dapat membuat pemiliknya merasa bahagia. Sebagai pecinta kucing kamu harus tahu ciri-ciri kucing sayang kepada pemiliknya. Berikut 5 fakta misterius anabul diam-diam sayang kepada pemiliknya. Yuk simak!

1. Menggosokan kepada ke tubuhmu

ilustrasi kucing manja dengan pemiliknya (pexels.com/Amiya Nanda)

Seringkali kucing menggosok-gosokan kepala kepada pemiliknya sebagai bentuk kasih sayang. Artinya, kucing merasa nyaman jika di dekatmu. Kucing menganggap kamu sebagai bagian dari keluarga mereka. 

Perilaku ini biasanya merupakan salah satu cara mereka sebagai bentuk kepercayaan kepadamu. Tidak ingin jauh darimu, bahkan ketika pergi bermain mereka tidak akan berlama-lama karena lebih nyaman dekat dengan pemiliknya. 

2. Sering mengikutimu saat beraktivitas

ilustrasi cat owner bersama dengan kucing kesayangannya (pexels.com/Sam Lion)

Terkadang kucing sering mengikutimu karena mengharapkan makanan, meminta minum, maupun hanya ingin di elus-elus pemiliknya. Namun, sebenarnya itu adalah cara kucing mencari perhatianmu. Kucing kerap kali merasa terlindungi jika dekat dengan pemiliknya.

Ikatan emosional yang kuat biasanya membuat kucing sadar akan keberadaanmu. Inilah kenapa kucing seringkali mengikuti kemanapun kamu pergi. Tidak selalu mengharapkan makanan, bisa jadi karena mereka nyaman dan ingin bermain denganmu. 

3. Menatapmu dalam waktu yang lama

ilustrasi seekor kucing (pexels.com/Francesco Ungaro)

Sadar atau tidak kucing yang menatap wajah lebih lama menandakan rasa sayangnya kepadamu. Mereka berusaha memperhatikan agar dapat mengenal pemiliknya dengan baik. Namun, pada kondisi tertentu mereka hanya ingin meminta makanan sambil merayu dan mengeluarkan suara gemasnya.

Kucing seringkali menjadi hewan yang pandai manarik perhatian manusia. Rasa penasarannya juga bisa jadi menjadi penyebab mengapa kucing sering menatap orang sekitarrnya lebih lama. Sebagai pecinta kucing tentunya kamu harus bisa memamahi isyarat yang disampaikan mereka. Sebab, meskipun tidak dapat berbicara mereka sering mengungkapkannya melalui bahasa tubuh untuk menunjukkan rasa penasaran dan keinginannya. 

Baca Juga: 5 Tips Memelihara Kucing Savannah, Anabul Cerdas dan Suka Main Air

4. Mengeluarkan suara imutnya

ilustrasi kucing putih (pexels.com/Peng Louis)

Meskipun kucing tidak dapat berbicara selayaknya manusia, seringkali kucing mengeluarkan suara imut mereka untuk menarik perhatian. Suara ini bisa menjadi isyarat untuk mengekspresikan emosi mereka. Misalnya, jika merasa nyaman dan sedang dalam mood yang baik mereka mengeluarkan suara meong dengan lembut. 

Strategi ini seringkali menjadi alternatif mereka merayu pemiliknya untuk meminta makan, maupun mengajak bermain. Maka, ketika si pemiliknya ini merespon dan memberikan sesuatu yang kucing butuhkan, cara ini akan selalu dilakukan berulang kali. Mereka akan menganggap cara tersebut sangat efektif untuk meluluhkan hati si pemilik.

5. Memilih tidur di dekatmu

ilustrasi kucing tidur (pexels.com/Tomas Ryant)

Jika kucing memilih tidur di dekatmu, itu artinya mereka merasa nyaman dengan kehadiranmu. Ikatan emosional yang kuat ini membuat kucing percaya jika berada di dekatmu akan membuat mereka terlindungi dari bahaya.

Kucing menyukai tempat yang hangat inilah mengapa mereka memilih tidur dekat dengan si pemilik. Secara tidak langsung tubuh manusia mampu memancarkan panas yang konstan, sehingga kucing merasakan kehangatan jika di dekatnya. 

Selain itu biasanya kucing sering penasaran dengan apa yang kamu lakukan. Dengan tidur di dekatmu membuat mereka merasa terlibat dalam kehidupan sehari-hari. Sebab, ketika kucing sering manja denganmu berarti mereka telah menemukan definisi rumah yang paling nyaman. 

Memahami emosional kucing merupakan hal penting yang perlu diperhatikan bagi pecinta kucing. Mereka seringkali menunjukkan kasih sayang dan ekspresinya hanya lewat isyarat yang tidak semua orang dapat memahami. Ikatan yang kuat biasanya akan membuat keduanya merasa saling memiliki sehingga memberikan kesan harmonis antara kucing dan pemiliknya.

Baca Juga: 7 Barang yang Harus Kamu Siapkan sebelum Mengadopsi Anabul, Penting! 

Writer

Eli Suratmi

Bersuara lewat tulisan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya