TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Ide Aktivitas Istirahat Setelah Belajar, agar Hasil Maksimal

Tingkatkan kualitas belajar dengan istirahat

ilustrasi belajar (Pixabay.com/JESHOOTS-com)

Belajar adalah kegiatan yang penting, namun tak lupa keseimbangan dalam melakukan aktivitas lain juga diperlukan. Tubuh dan otak kita perlu istirahat. 

Tapi kira-kira aktivitas apa yang tepat untuk dilakukan setelah belajar, ya? Diperlukan sesuatu yang menenangkan agar kita kembali diisi oleh energi baru. Cocok untuk istirahat di sela belajar juga, inilah lima ide aktivitas istirahat setelah belajar.

1. Makan camilan

ilustrasi camilan (Unsplash.com/Denny Muller)

Belajar tentu akan menguras tenaga sehingga tidak fokus lagi. Terkadang salah satu faktornya adalah lapar. 

Konsentrasi tidak bisa dijalankan dengan baik, maka di sela istirahat kita bisa makan camilan untuk sekedar isi perut. Dengan makan, mood kita bisa jadi lebih baik, lho.

Baca Juga: 5 Bahaya Belajar dengan Sistem Kebut Semalam, Jangan Begadang Terus!

2. Regangkan otot 

ilustrasi regangkan otot (Unsplash.com/surface)

Siapa yang suka pegal setelah belajar? Duduk lama tentunya akan bikin tubuh kita terasa kaku apalagi dengan posisi yang sama. 

Kalau sudah di depan laptop atau buku berjam-jam, jangan lupa untuk meregangkan otot, yuk! Menurut Dinas Kesehatan Pemerintah Aceh, peregangan sendiri punya manfaat untuk mengurangi stres, memperlancar sirkulasi darah, hingga meningkatkan kebugaran.

3. Cari udara segar

ilustrasi jalan kaki (Unsplash.com/areksan)

Tenangkan pikiran dengan jalan kaki sebentar di taman atau di dekat daerah tempat kamu belajar. Saat otakmu terasa lelah, mulailah untuk bisa beristirahat sejenak. 

Kamu bisa memandang sekitar ke langit, pohon, dan menghirup udara outdoor. Ganti suasana akan membantu kamu untuk kembali diisi energi agar tidak jenuh.

4. Membersihkan diri dan sekitar

ilustrasi mandi (Pixabay.com/tookapic)

Tanpa disadari, tempat kita belajar akan memengaruhi hasil belajar. Kalau rasanya sudah kotor dan berantakan, kamu bisa mengambil waktu untuk mandi. 

Selain membersihkan diri, tubuh kita juga akan lebih segar. Rapikan juga meja kamu dari kertas-kertas atau barang yang mengganggu, lalu mulai kembali belajar saat kamu sudah siap untuk fokus.

Baca Juga: 5 Tips Belajar Ekspresikan Diri, Mulai Ungkapkan Isi Hati dan Pikiran

Verified Writer

agatha dominique

insta: @agatha.dmq

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya