TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Supaya Introvert Gak Dipandang Rendah, Harus Punya Value!

Coba keluar dari zona nyaman

ilustrasi introvert (pexels.com/Jamie Saw)

Intinya Sih...

  • Introver perlu memahami diri sendiri untuk hidup bahagia dan produktif
  • Jadilah sedikit lebih ekstrover dalam hubungan sosial untuk membangun koneksi dan pertemanan baru
  • Tunjukkan gagasan, ide, dan pemikiran unikmu agar terlihat menonjol dan memiliki nilai diri yang kuat

Orang dengan kepribadian introver sering kali dianggap pendiam dan penyendiri. Sebagaimana tipe kepribadian lain, orang introver mungkin bisa mengalami pandangan merendahkan dari orang lain, baik soal percintaan maupun urusan pekerjaan. 

Perasaan tersebut pasti membuat gak nyaman, bahkan bisa mengakibatkan orang-orang gak produktif. Berikut merupakan 5 cara supaya orang introver gak diremehkan orang lain, bahkan bisa menjadi lebih gemilang dari orang dengan kepribadian lain.

1. Kenali apa yang membuatmu bahagia, bikin orang enggan mengusikmu

Ilustrasi pria menulis di meja kerja (freepik.com/master1305)

Kunci bagi seorang introver untuk hidup bahagia dan penuh ketenangan adalah memahami apa yang diinginkan. Mengutip Psychology Today, penulis self development book Sophia Dembling, menerangkan bahwa hal paling mendasar dari seorang introver adalah memahami apa yang dibutuhkan dan diinginkan. 

Orang dengan kepribadian introver seyogyanya mengenali diri sendiri dengan baik sehingga tahu apa yang dapat mengantarkannya pada kebahagiaan, maupun membuatnya stres. Jika merasa masih belum mengenali sepenuhnya siapa dirimu, belajarlah untuk memahami diri sendiri. 

2. Tak ada salahnya untuk menjadi sedikit lebih ekstrover

ilustrasi bersama teman (pexels.com/Sam Lion)

Bila bicara hubungan sosial, jadilah sedikit lebih ekstrover. Kepribadian ekstrover dikenal memiliki karakter yang mudah membangun koneksi, terbiasa menjaga hubungan dengan orang lain, dan ingin untuk selalu terhubung dengan orang baru. 

Jika kamu adalah seorang introver yang merasa nyaman dengan diri sendiri, cobalah untuk jadi sedikit lebih ekstrover. Jangan mengisolasi diri hingga memutus hubungan dengan orang sekitar. Paksa diri untuk bersosialisasi, bertemu orang, dan menjalin pertemanan baru.

3. Jadilah orang yang lebih menonjol

Ilustrasi seorang wanita sedang berpikir (unsplash.com/Anthony Tran)

Meski orang introver dikenal lebih pendiam dan sering dikaitkan dengan perilaku enggan show off, jadilah sedikit lebih menonjol, apalagi terkait kariermu. Menurut filsuf Susanna Newsonen dalam Psychology Today, orang introver akan mengambil keputusan dengan mempertimbangkan emosi, pikiran, dan pengalaman yang dimiliki sehingga akan menghasilkan keputusan yang matang.

Dengan proses pengambilan keputusan yang lebih kompleks, kamu sebaiknya berani untuk menunjukkan gagasan, ide, dan pemikiranmu. Perspektif yang berbeda akan membuatmu tampak lebih menonjol dan memiliki nilai diri yang unik. 

Baca Juga: 5 Fakta Menarik tentang Persahabatan Introvert dan Ekstrovert

4. Tetaplah menjadi sosok yang mandiri

Ilustrasi seseorang yang sedang meluangkan waktu untuk diri sendiri (Pexel.com/Andrea Piacquadio)

Dalam pemaparan yang sama, Susanna menerangkan bahwa orang introver mampu menyelesaikan suatu masalah atau menghasilkan ide kreatif tanpa ditemani oleh orang lain. Tak masalah untuk bekerja sendiri, orang introver bisa melakukan pencapaian yang luar biasa tanpa bergantung pada orang lain.

Kemandirian ini selalu menjadi nilai penting untuk orang introver. Bahkan, kemampuan untuk bekerja secara individu akan membuat orang introver lebih diandalkan. 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya