TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Syarat dan Manfaat Ilmu Tasawuf, Bisa Tenteramkan Hati Lho!

#RamadanDiRumah Menenangkan hati dan jiwa yang resah

Ilustrasi berdoa (IDN Times/Rizka Yulita)

Tasawuf merupakan salah satu cabang dari ilmu-ilmu utama yang ada dalam Islam, di antaranya ada ilmu tauhid, ilmu fikih, dan ilmu tasawuf. Tasawuf sendiri sangat erat kaitannya dengan akhlak, ikhlas, khusyuk, tawadu, muraqabah, mujahadah, sabar, rida, tawakal, dan lain sebagainya.

Untuk mengetahui penjelasannya lebih lanjut, lebih baik langsung saja kita simak beberapa syarat dan manfaat ilmu tasawuf berikut ini!

1. Syarat mempelajari ilmu tasawuf

IDN Times/Anjani Eka Lestari

Sebelum mempelajari ilmu tasawuf, kita harus mengetahui dan memahami ilmu fikih dan tauhid. Fikih adalah ilmu yang membahas mengenai salat, puasa, zakat, dan haji. Tauhid membahas mengenai i’tiqad, seperti i’tiqad mengenai ketuhanan, kerasulan, dan hari akhirat.

2. Tasawuf dapat selalu mengingatkan manusia kepada kematian

IDN Times/Anjani Eka Lestari

Salah satu manfaat mempelajari ilmu tasawuf adalah agar umat islam selalu senantiasa mengingat kematian. Hal ini dimaksudkan agar manusia bisa selalu beribadah, beramal saleh, dan menghindari diri dari perbuatan maksiat.

Baca Juga: Banyak Manfaat, Ini 7 Amalan Jumat yang Disarankan Rasulullah

3. Tasawuf dapat membantumu dalam membersihkan diri dari pengaruh materi

IDN Times/Rizka Yulita

Dalam hidup, mengejar materi demi memenuhi kebutuhan hidup, memang menjadi salah satu hal yang baik untuk dilakukan. Namun, tidak sedikit manusia yang terlalu fokus mengejar materi sehingga lupa dengan urusannya kepada Sang Pencipta.

Melalui tasawuf, kamu dapat membatasi dan menyeimbangkan kehidupan materi dan spiritual dengan baik. Kamu dapat memenuhi kebutuhan duniawi, namun juga selalu mengingat Allah dengan tetap menjalankan segala ajaran dan perintahnya.

4. Tasawuf dapat mempertinggi akhlak manusia

Ilustrasi (IDN Times/Sunariyah)

Tasawuf mengajarkan manusia agar jadi pribadi yang berakhlak mulia dan menghilangkan segala akhlak dari perbuatan tercela. Manusia yang dapat mengamalkan ilmu tasawuf dengan baik, akan selalu memiliki hati bersih, suci, dan disinari oleh ajaran-ajaran Allah SWT dan Rasul.

Baca Juga: 6 Ibadah dan Amalan yang Pahalanya Dilipatgandakan Selama Ramadan

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya