TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Niat dan Tata Cara Mandi Safar di Rebo Wekasan

Mandi Safar jadi tradisi di berbagai daerah

Ilustrasi shower. (Pexels.com/Karolina Kaboompics)

Intinya Sih...

  • Mandi Safar merupakan tradisi umat muslim di Indonesia
  • Tujuan mandi Safar adalah sebagai bentuk pendekatan diri kepada Allah SWT dan tolak bala
  • Ritual ini dilakukan pada hari Rabu terakhir di bulan Safar, dengan tata cara yang sama dengan mandi wajib

Safar adalah bulan kedua dalam kalender Hijriah. Sebagian umat muslim di Indonesia mengaitkan bulan Safar dengan tradisi tolak bala yang menggabungkan nilai-nilai keagamaan dengan adat istiadat.

Salah satu tradisi yang dilakukan saat bulan Safar adalah mandi Safar. Apa tujuan mandi Safar dan bagaimana tata cara pelaksanaannya? Mari simak penjelasan lengkapnya!

1. Apa tujuan mandi Safar?

Ilustrasi mandi. (Pexels.com/Darya Grey_Owl)

Ritual mandi Safar dijalankan oleh sebagian umat muslim di berbagai daerah di Indonesia. Tujuan ritual ini adalah sebagai bentuk pendekatan diri kepada Allah SWT dan memohon keselamatan agar terhindar dari mara bahaya. 

Tradisi ini bukan tanpa alasan dilakukan. Beberapa orang menganggap Safar sebagai bulan penuh kesialan dan cobaan. Anggapan ini bermula dari tradisi orang Arab pada zaman dahulu yang belum memahami ajaran Islam. Isu tersebut kemudian menyebar luas dan turun-temurun hingga lintas generasi.

2. Kapan mandi Safar dilakukan?

Ilustrasi shower. (Pexels.com/Pixabay)

Mandi Safar dilakukan pada hari Rabu terakhir di bulan Safar. Orang-orang Jawa menyebutnya rebo wekasan atau rebo pungkasan, yaitu hari Rabu terakhir di bulan Safar yang identik dengan ritual tolak bala.

Tak hanya suku Jawa, ritual mandi Safar juga dilakukan oleh orang-orang Gorontalo, Kalimantan Tengah, dan daerah lain yang ditinggali etnis Melayu. Ada yang melakukan mandi Safar di rumah, ada juga yang ramai-ramai mandi di sungai dilanjutkan dengan doa bersama.

Baca Juga: Doa Tolak Bala Bulan Safar, Amalkan di Rebo Wekasan

Verified Writer

Dian Septi Arthasalina

@arthasalina di Instagram untuk ngobrol lebih banyak.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya