TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Tema dan Logo HUT ke-79 TNI, Sudah Tahu?

Diperingati tanggal 5 Oktober 2024

Logo HUT ke-79 TNI. (tni.mil.id)

Intinya Sih...

  • Peringatan HUT ke-79 TNI dirayakan pada 5 Oktober 2024.
  • Sejarah pembentukan TNI bermula dari TKR pada 5 Oktober 1945.
  • Tema "TNI Modern Bersama Rakyat" dan logo segi lima berwarna merah dengan lis emas menjadi simbol perayaan HUT ke-79 TNI.

Peringatan HUT ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI) akan dirayakan pada Sabtu (5/10/2024) mendatang. Puspen TNI telah merilis tema dan logo HUT ke-79 TNI yang berbentuk segi lima.

Puncak lerayaan hari jadi TNI bakal digelar di Monumen Nasional (Monas). Berikut ini penjelasan tema dan logo HUT ke-79 TNI. Mari meriahkan bersama!

1. Sejarah HUT TNI

Latihan Patroli Tempur Rupanpur Yonif 3 Marinir pada 8 Februari 2022. (Instagram.com/tentara_nasionalindonesia)

Sejarah hari jadi TNI berkaitan dengan pembentukan TKR (Tentara Keamanan Rakyat) pada 5 Oktober 1945. TKR awalnya bernama Badan Kesatuan Rakyat (BKR) yang dibentuk pada 23 Agustus 1945.

Selanjutnya, nama TKR diubah lagi menjadi TRI (Tentara Republik Indonesia), yang berlaku hingga Presiden Sukarno meresmikan nama Tentara Nasional Indonesia (TNI) pada tanggal 3 Juni 1947. Peresemian TNI bertujuan untuk menyatukan dua kekuatan bersenjata, yaitu TRI dan badan-badan perjuangan rakyat yang ada di seluruh Indonesia.

Namun, hari jadi TNI bukanlah tanggal 3 Juni, melainkan 5 Oktober yang diambil dari hari terbentuknya Tentara Keamanan Rakyat pada tahun 1945.

Baca Juga: Kompak, Prabowo dan Jokowi Hadiri Gelar Unsur Armada TNI AL

2. Tema dan logo HUT ke-79 TNI

Logo HUT ke-79 TNI. (tni.mil.id)

Tema HUT ke-79 TNI adalah "TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional Untuk Indonesia Maju". Tema yang menggambarkan sinergi prajurit dan masyarakat untuk mewujudkan keamanan bersama.

Logo HUT ke-79 TNI berbentuk segi lima berwarna merah dengan lis emas. Ada logo tiga angkatan TNI dan tulisan PRIMA yang merupakan akronim dari slogan HUT ke-79 TNI, yaitu Profesional, Responsif, Integratif, Modern, dan Adaptif. Logo HUT ke-79 TNI bisa diunduh di sini.

3. Puluhan ribu prajurit bakal mengikuti upacara HUT ke-79 TNI di Monas

Latihan Patroli Tempur Rupanpur Yonif 3 Marinir pada 8 Februari 2022. (Instagram.com/tentara_nasionalindonesia)

Upacara peringatan HUT ke-79 TNI yang bakal digelar di Monas pada 5 Oktober 2024 mendatang bakal diikuti puluhan ribu prajurit. Perayaan ini juga bakal dimeriahkan oleh parade alutsista. 

Itu dia ulasan soal tema dan logo HUT TNI yang ke-79. Mari bersama-sama memeriahkan momen tersebut!

Baca Juga: Terima Brevet Kehormatan Hiu Kencana, Jokowi Dianggap Berjasa bagi TNI AL

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya