TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Gak Ada Manusia Terlahir Cuek, Ini 6 Cara Asah Rasa Peduli

Menumbuhkan sikap peduli itu penting lho

Unsplash/Simon Maage

Dalam hubungan antar manusia, empati dan kepedulian adalah kunci utama. Tanpa dua hal ini, salah paham mudah terjadi. Munculnya sikap empati diawali dengan rasa peduli, makanya harus diupupuk sedini mungkin pada diri manusia.

Faktanya, masih banyak orang yang tumbuh dewasa dengan kepedulian rendah terhadap sesama. Padahal gak ada manusia yang terlahir cuek lho, 6 cara di bawah ini bisa dicoba untuk mengasah rasa peduli dalam diri. Gak ada kata terlambat buat mencoba kok!

Lewat membaca juga kita seperti terhubung dengan dunia luar. Mencoba lebih peduli dengan fenomena yang terjadi di sekitar, sekaligus melatih diri makin bijak menanggapi informasi.

1. Tingkatkan minat baca

huffingtonpost.com

Cara paling sederhana untuk mengasah kepedulian adalah dengan meningkatkan minat baca. Tanpa harus berkomunikasi dengan orang lain, informasi bisa didapat dari bacaan.

2. Libatkan diri dalam diskusi

Pexels/Helena Lopes

Ruang-ruang diskusi di sekitar kita adalah lahan yang tepat untuk mengasah rasa peduli. Sebenarnya sudah diajarkan sejak di bangku sekolah, lewat tugas kelompok atau diskusi besar bersama guru.

Di luar kegiatan akademis, nyatanya banyak diskusi yang gak berjalan mulus. Salah satu penyebab adalah rendahnya kepedulian. Diskusi diartikan sebagai perang argumen, memaksakan pendapat dan ego masing-masing.

Tapi jangan jadikan hal ini alasan untuk menghindari ruang diskusi. Justru sering-seringlah melibatkan diri dalam diskusi agar tingkat kepedulianmu makin baik. Belajar memahami orang lain dari tiap interaksi yang terjadi.

Baca Juga: Hanya Peduli Diri Sendiri? Ini 6 Cara Melawan Sifat Egois

3. Ambil kesempatan bertemu orang baru

Unsplash.com/Neon Brand

Kamu pasti sering mendengar istilah ‘zona nyaman’. Kondisi di mana sudah merasa nyaman dengan pola hidup, namun seringnya jadi jebakan yang membuat kita kurang berkembang.

Termasuk lingkar pertemanan, kamu terjebak dalam zona nyaman jika terus membiasakan diri bertemu orang yang itu-itu lagi. Cobain deh lebih banyak berinteraksi dengan orang baru, bagus lho buat mengasah kepedulianmu!

Ketika bertemu dengan orang baru, kamu harus memulai relasi dari nol. Mengenali sikap dan memahami karakternya, mau gak mau bikin kamu jadi lebih peduli pada orang lain.

4. Belajar menjadi pendengar

iStock/PeopleImages

Berdasarkan hasil penelitian ilmiah, manusia memiliki kecepatan berbicara 4 kali lebih cepat dari berpikir. Bayangkan, berarti sudah berapa banyak kata-kata yang kita ucapkan tanpa sempat memikirkannya terlebih dahulu.

Coba deh belajar lebih banyak mendengarkan ketimbang berbicara. Mendengar untuk memahami, bukan mendengar untuk membalas ucapan orang lain. Ini adalah salah satu bentuk kepedulian, meredam egomu dan memberi kesempatan pada orang lain.

5. Selagi niatnya baik, jangan hiraukan komentar buruk orang lain

Polishedlaser.com

Merasa gak kalau di zaman sekarang ini interaksi antar manusia jadi makin rumit? Niat baik kadang disalahartikan. Menawarkan bantuan dikira meremehkan. Gak membantu dibilang apatis. Serba salah ya?

Tapi jangan lelah mencoba, selagi niatmu baik maka komentar buruk orang lain anggap saja sebagai angin lalu. Kalau omongan orang selalu dimasukkan hati, lama-lama kamu malas berinteraksi dengan sesama. Jadi makin turun deh tingkat kepedulianmu. 

Baca Juga: Gengsinya Tinggi, 5 Zodiak Ini Peduli Tapi Sok Bersikap Cuek!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya