TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Mengatasi Kondisi Mata Panda, Bikin Gak Percaya Diri!

Segera cari solusi yang ampuh untuk mengatasi mata panda

ilustrasi milia (unsplash.com/@amandadalbjorn)

Istilah mata panda mungkin menjadi sesuatu yang sudah sering didengar oleh banyak orang, sebab memang kondisi ini cukup sering dialami oleh banyak orang. Sebetulnya mata panda merupakan gangguan yang terdapat pada area sekitar bawah mata yang warnanya berubah menjadi kehitaman.

Sebetulnya ada banyak sekali penyebab utama dari kondisi mata panda ini seperti kurang istirahat, stres, atau pun faktor lain yang memengaruhi. Namun, kamu bisa mengatasi kondisi mata panda tersebut dengan beberapa tips penting berikut ini agar tak sampai mengganggu penampilanmu lagi.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Serum Mata untuk Hilangkan Mata Panda, Ampuh Abis! 

1. Jangan kebiasaan bergadang

ilustrasi tidur (unsplash.com/@matheusdk00)

Tak dapat dimungkiri bahwa kurang tidur menjadi salah satu kondisi yang dapat semakin memperburuk lingkaran hitam yang ada pada mata, apalagi jika kamu memiliki durasi tidur yang sangat minim. Hal ini bukan hanya akan membuat kondisi mata pandamu menjadi parah, namun juga akan membuat kulit tampak pucat dan tak segar.

Sebetulnya manusia secara ideal membutuhkan waktu 7 hingga 8 jam setiap harinya untuk tidur agar tubuh dapat terisi kembali energinya dengan baik. Apabila kamu kurang tidur maka wajar saja akan mudah menyebabkan munculnya mata panda dan membuat kondisinya kian buruk.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Eye Cream Korea untuk Mengatasi Mata Panda 

2. Kompres dengan air dingin

ilustrasi eye cream (pexels.com/@teona-swift)

Cara alternatif lainnya yang mungkin bisa kamu lakukan adalah dengan mengompres menggunakan air dingin atau pun es, sebab bahan tersebut dipercaya mampu mengurangi efek kehitaman pada mata panda. Sebetulnya mudah saja untuk melakukan hal tersebut karena hanya perlu menggunakan waslap untuk mengompres air dingin pada mata.

Jika kamu menggunakan es batu maka gunakan waslap untuk membungkus es batu dan menempelkannya pada area sekitar mata. Jangan langsung meletakan es batu pada kulit secara langsung karena akan menyebabkan efek dingin dan tidak nyaman di sekitar bawah mata nantinya.

3. Gunakan lidah buaya

ilustrasi lidah buaya (unsplash.com/@alicemourou)

Lidah buaya selama ini sudah dikenal luas sebagai salah satu bahan alami yang memiliki fungsi untuk mencerahkan kulit, hingga kerap digunakan sebagai bahan untuk produk kecantikan. Kamu juga bisa menggunakan produk berbahan lidah buaya apabila ingin mengusir mata panda yang dimiliki.

Sebaiknya gunakan produk yang sudah jadi saja dari pada menggunakan lidah buaya secara langsung karena berpotensi menyebabkan alergi apabila ada kandungannya yang kurang cocok. Terpenting gunakan produk berbahan lidah buaya ini secara rutin agar kondisi mata panda pun bisa teratasi dengan baik.

4. Gunakan irisan timun sebagai masker mata

ilustrasi timun (unsplash.com/@markuswinkler)

Bukan hanya lidah buaya saja yang kerap digunakan untuk mengusir mata panda, namun ada pula irisan timun yang sering menjadi masker mata favorit bagi banyak orang. Hal ini karena memang timun memiliki kandungan yang baik untuk turut mencerahkan area bawah mata, sehingga tak akan tampak gelap.

Kamu dapat mengiris timun secara horizontal dan kemudian letakan pada mata selama kurang lebih 15 menit saja, lalu bilas kembali menggunakan air hangat. Namun, perlu dipahami bahwa sebelum menggunakan timun sebaiknya cucilah hingga benar-benar bersih, sehingga tak ada lagi getah yang masih menempel.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Eye Mask Lokal untuk Atasi Mata Panda

Verified Writer

Deska Chalis

Selamat membaca!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya