TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Alasan Happiness at Work Wajib Diterapkan, Bikin Betah!

Jadi semangat kerja setiap hari

Ilustrasi bahagia di kantor (Pexels.com/avel Danilyuk)

Istilah happiness at work banyak digunakan oleh para gen Z saat ini. Ini merupakan istilah yang menyatakan seorang pekerja merasa senang ketika melakukan pekerjaanya. Biasanya akan ditandai dengan emosi yang stabil dan positif.

Pasalnya, mereka yang berhasil menerapkannya akan selalu senang melakukan pekerjaannya meskipun lelah. Pada umumnya, mereka bekerja dengan rasa senang dan sepenuh hati. Hal itulah yang menepis rasa lelah dan malas dalam bekerja.

Pengaruh kebahagian ini tentu banyak membawa dampak positif, selain kinerja yang berkualitas, target perusahaan pun bisa terpenuhi. Ternyata ada enam alasan yang membuat happiness at work wajib diterapkan, di antaranya sebagai berikut.

Baca Juga: 5 Hal Menyenangkan Punya Rekan Kerja Sefrekuensi, Betah di Kantor

1. Lebih produktif

Ilustrasi produktif (Pexels.com/Anna Shvets)

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa, mereka yang bekerja dengan penuh bahagia akan lebih produktif. Produktivitas ini tentu akan mempengaruhi kinerja dan hasil yang memuaskan. Memberikan banyak dampak positif tidak hanya untuk diri sendiri, tetapi juga perusahaan.

Pasalnya mereka yang membawa energi positif, berupa kebahagian dalam pekerjaanya akan lebih semangat. Jadi, motivasi untuk menyelesaikan pekerjaan pun lebih meningkat dibandingkan mereka yang tidak merasakan kebahagian dalam bekerja.

2. Jadi lebih tangguh

Ilustrasi tangguh dalam bekerja (Pexels,com/Andrea Piacquadio )

Menjadi orang yang tangguh dalam bekerja tentu sudah menjadi hal yang seharusnya dan naluriah. Namun, faktanya di lapangan, banyak dari pekerja yang terlalu lelah dan merasa tidak mampu bertahan. Apalagi jika tuntutan kerja dan target perusahaan yang tinggi.

Bagi mereka yang selalu bahagia dalam melakukan pekerjaanya, tentu tidak akan merasakan hal tersebut. Alasannya karena faktor kebahagian yang membuat seseorang tangguh dalam mengerjakan berbagai pekerjaan. Meski banyak dikejar deadline sekalipun.

Baca Juga: 5 Tips Seru Merencanakan Liburan dengan Teman Kantor, Menyenangkan!

3. Jasmani dan rohani yang sehat

Ilustrasi pekerja yang sehat (Pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Happiness at work tentu akan membuat jasmani dan rohani seseorang menjadi lebih sehat dan terkontrol, bagaimana tidak? Mereka yang biasanya hanya fokus pada banyaknya tugas dan selalu terbebani, sekarang sudah mengerjakannya dengan penuh rasa senang. Semua pekerjaan tidak lagi terasa berat sehingga membuat fisik lelah.

Tidak hanya itu saja, tidak sedikit dari mereka yang belum menerapkannya mudah down dan tidak semangat dalam bekerja. Hal ini tentu tidak boleh sampai terjadi, pasalnya bisa berpengaruh pada penurunan kualitas,  baik jasmani dan rohani.

4. Banyak miliki sahabat

Ilustrasi persahabatan (Pexels,com/Artem Podrez)

Faktor yang membuat seseorang bahagia dan rileks dalam melakukan pekerjaanya tentu tergantung dari dalam diri dan lingkungannya. Bagi mereka yang bisa menerapkan happiness at work biasanya memiliki lingkungan kerja yang sehat. Lingkungan kerja, di mana mereka terjalin dalam persahabatan yang solid sehingga bukan hanya sekadar rekan kerja semata.

5. Siap dengan berbagai perubahan dan inovasi

Ilustrasi pekerja yang siap dengan perubahan dan inovasi (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Jika dilihat dari beberapa tulisan para ahli, seperti Shawn Jangkar dalam bukunya The Happiness Advantage. Menyatakan bahwa mereka yang bekerja dengan rasa senang atau dipengaruhi energi positif akan membuat otak bekerja lebih baik. Hal inilah yang membuat mereka siap dengan berbagai perubahan dan inovasi.

Kerja otak yang telah dipengaruhi energi positif cenderung kreatif dan mahir memecahkan sebuah masalah. Selain itu,  banyak juga yang menyatakan bahwa mereka bisa menjadi pekerja yang kolaboratif. Membuat berbagai pekerjaan apa pun itu bidangnya, mudah untuk terselesaikan.

Baca Juga: 5 Hal Menyenangkan saat Pekerjaan Berawal dari Hobi, Gak Terpaksa!

Verified Writer

Desi Liati

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya