TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Tanda yang Tunjukkan Kamu Sering Iri terhadap Kesuksesan Orang Lain

Gak enak hati saat orang lain sukses?

ilustrasi seseorang merasa iri (pexels.com/ArtHouse Studio)

Gak bisa dimungkiri, kesuksesan adalah tujuan yang diinginkan oleh banyak orang. Termasuk juga dirimu tentunya, kan? Namun, terkadang kamu juga dengan mudahnya bisa merasa iri melihat kesuksesan yang dicapai oleh orang lain.

Tenang saja, ini adalah perasaan alami yang sebenarnya sangat manusiawi. Namun, penting banget juga untuk mengenali dan mengelola perasaan tersebut, agar gak merusak kebahagiaanmu sendiri. Yuk, kenali enam tanda yang menunjukkan, bahwa kamu sering merasa iri terhadap kesuksesan orang lain berikut ini.

1. Merasa gak nyaman ketika mendengar kabar baik dari orang lain

ilustrasi orang iri (Pexels.com/Kindel Media)

Jika kamu sering merasa canggung atau gak nyaman, ketika mendengar berita baik tentang kesuksesan seseorang, ini bisa menjadi tanda pertama yang menunjukkan, bahwa kamu merasa iri. Perasaan ini mungkin awalnya akan dirimu tampik atau berusaha untuk diabaikan. Namun, saking kuatnya kamu sendiri jadi gak bisa mengendalikannya.

Misalnya, reaksi negatif atau keengganan untuk memberikan ucapan selamat, bisa menjadi indikasi bahwa kamu sedang berjuang dengan perasaan iri. Lawan terus sebaik mungkin, ya. Sebab, perasaan iri bisa sangat negatif dan merusak dirimu sendiri.

Baca Juga: 5 Tips Mengatasi Rasa Iri Atas Pencapaian Orang Lain, Yuk Berubah!

2. Membandingkan diri dengan orang lain secara terus-menerus

ilustrasi seseorang membandingkan diri (pexes.com/cottonbro studio)

Jika kamu sering banget merasa perlu selalu membandingkan diri dengan orang lain, terutama dalam hal pencapaian dan kesuksesan. Hal itu juga bisa menjadi tanda, bahwa ada rasa iri dalam hatimu. Kamu mungkin gak akan langsung bisa mengenalinya, tapi percayalah, perbandingan diri ini akan membuatmu kelelahan sendiri nantinya.

Membanding-bandingkan diri secara berlebihan gak hanya akan merendahkan harga dirimu, tapi juga memperburuk perasaan iri tersebut. Belum lagi jika kamu jadi terus berusaha mencari validasi yang sebenarnya gak dibutuhkan olehmu.

3. Mengurangi interaksi dengan orang yang sukses

ilustrasi seseorang sendirian (pexels.com/destiawan nur agusta)

Jika kamu merasa enggan berinteraksi dengan orang yang sukses atau menghindari mereka sepenuhnya, ini bisa menunjukkan perasaan iri yang mungkin dirimu alami. Kamu mungkin merasa gak nyaman atau takut dibandingkan dengan mereka, sehingga lebih memilih untuk menjaga jarak.

Padahal, semakin kamu menjauh, itu hanya membuat perasaan iri semakin membesar. Cobalah untuk mendekati dan lihat betapa sebenarnya mereka juga sedang berjuang untuk sesuatu. Sama seperti dirimu.

4. Meremehkan pencapaian orang lain

ilustrasi seseorang meremehkan orang lain (pexels.com/Anna Shvets)

Meremehkan atau meragukan pencapaian orang lain adalah tanda perasaan iri yang jelas banget. Jika kamu cenderung merendahkan prestasi mereka atau mencari-cari cacat dalam keberhasilan mereka, ini bisa menjadi gambaran yang sebenarnya dari rasa tidak nyamanmu terhadap kesuksesan mereka, lho.

Akui saja, bahwa kamu sebenarnya sedang merasa iri. Kenali faktor-faktor yang memicu perasaan ini dan carilah cara untuk mengatasinya. Alhasil, kamu juga bisa meraih kesuksesan seperti mereka nantinya.

5. Gak mampu ikut merasa senang atas kesuksesan orang lain

ilustrasi orang sedih (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Jika kamu begitu kesulitan merasa senang atau bahagia atas kesuksesan orang lain, ini bisa menjadi tanda adanya perasaan iri yang begitu kuat. Kamu mungkin merasa, bahwa keberhasilan mereka mengurangi nilai atau kelebihan dirimu sendiri. Padahal itu jelas sangat keliru.

Coba, deh untuk lebih memahami perjuangan dan usaha yang dilakukan oleh orang lain untuk mencapai kesuksesan mereka. Ini akan membantumu merasakan empati dan mengurangi perasaan iri.

Baca Juga: 6 Cara Bijak Sikapi Rasa Iri ke Sahabat Sendiri, Terima Aja!

Verified Writer

Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya