TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tanda Darurat Kamu Perlu Mengubah Pandangan pada Diri Sendiri

Harus segera diperbaiki!

ilustrasi wanita sedih (pexels.com/emre keshavarz)

Bagaimana cara kita melihat diri sendiri sangatlah penting dan berpengaruh besar pada tindakan serta keputusan yang dibuat. Kacamata apa yang kita gunakan untuk menilai diri sendiri, bisa menjadi patokan soal bagaimana orang lain melihat diri kita. Jika kita memandang diri dengan cara yang negatif, maka begitupula lah orang lain menilai kita. Pun, juga sebaliknya. 

Itulah yang membuat kita harus selalu merevisi cara pandang terhadap diri sendiri. Jika sudah berada pada lima tahap berikut, maka itu artinya kita perlu segera membenahi pola pikir kita. Segera ubah cara pandang terhadap diri sendiri jika satu dari lima tanda berikut mulai kita rasakan. 

1. Kamu mulai sering mencap negatif dirimu

ilustrasi orang berpikir (pexels.com/Monstera)

Saat kamu mulai sering mencap negatif diri sendiri, itulah tanda bahaya bahwa cara pandang harus segera diubah dan dibenahi. Jika kita saja sering menghakimi diri sendiri dengan cara negatif, bagaimana kita mengharapkan orang lain melihat diri kita secara positif? Ingat, semuanya dimulai dari diri sendiri terlebih dahulu. 

Wajar banget jika kita punya kekurangan atau kelemahan. Namun itu bukan alasan untuk menjadikan diri kita sebagai sasaran hinaan atau cacian. Apalagi jika kalimat negatif tersebut datang dari diri sendiri.

Baca Juga: 5 Tanda bahwa Kamu Terlalu Keras dengan Diri Sendiri

2. Hilangnya kepercayaan kepada diri sendiri

ilustrasi seseorang menyendiri (pexels.com/M Venter)

Ketika kepercayaan terhadap diri sendiri mulai hilang dan memudar, ada baiknya kita segera mengoreksi diri. Bagaimana cara pandang kita selama ini kepada diri sendiri harus diperbaiki. Bisa jadi, inilah penyebab menurunnya kepercayaan diri kita. 

Semua orang pasti punya kelebihan dan keunggulan yang membuatnya pantas untuk bersinar dengan caranya sendiri. Begitu pula dengan dirimu. Yakinlah akan hal itu. 

3. Orang lain terlihat lebih baik dalam segala hal dibanding dirimu

ilustrasi orang sombong (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Saat mulai datang keinginan untuk membandingkan diri dengan orang lain dalam banyak hal, itulah pertanda bahwa kita mulai perlu fokus pada diri sendiri. Ini menjadi alarm bahaya bahwa kita mulai menjauh dari diri kita dan melihat kehidupan orang lain seolah jauh lebih menyenangkan. Cara pandang semacam ini bisa sangat menyesatkan. 

Kehidupan orang lain mungkin terlihat indah karena memang itulah yang layak dipamerkan menurut mereka. Sementara, sebenarnya kita juga punya kehidupan yang sama atau bahkan lebih indah jika mampu bersyukur dan mengubah sudut pandang. 

4. Kamu mulai yakin bahwa dirimu gak pantas bahagia

Ilustrasi orang menyendiri (pexels.com/Thnh Phng)

Pemikiran bahwa dirimu gak pantas untuk bahagia juga merupakan tanda bahaya yang harus segera disadari. Ini bisa merembet pada hal yang gak tepat jika dibiarkan begitu saja. Cara pandang semacam ini berpotensi membuat kita selalu mengeluh dan malah semakin jauh dari kebahagiaan. 

Kita wajib melihat diri sendiri dengan cara yang sepantasnya. Bahwa diri kita juga manusia biasa yang seperti orang lain pada umumnya, pantas untuk bahagia dengan cara yang paling sederhana sekalipun. 

Baca Juga: 5 Sikap Mencintai Diri Sendiri, Bikin Hidup makin Bahagia

Verified Writer

Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya