TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Kenyamanan Jika Kamu Mampu Berkata Tidak pada Hal yang Mengganggu

Hidup lebih seimbang dan minim tekanan

ilustrasi seseorang mendapatkan beban (pexels.com/Karolina Grabowska)

Kemampuan untuk berkata tidak merupakan kemampuan yang sangat berharga dalam hidup sehari-hari. Masih banyak orang yang belum bisa menggunakan kemampuan satu ini dengan baik. Itulah kenapa kamu perlu mulai melatihnya dari sekarang.

Ini bukan hanya soal menolak, tetapi juga tentang memprioritaskan diri sendiri sebelum orang lain. Simak nih, lima kenyamanan hidup jika seseorang mampu berkata tidak pada sesuatu yang mengganggu.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Kita Harus Berani Berkata "Tidak" pada Orang Lain

1. Menghormati batasan pribadi dan waktu yang lebih terkelola

ilustrasi gen z bekerja (pexels.com/Anna Shvets)

Dengan mampu berkata tidak, kamu dapat lebih menghormati batasan pribadi. Ini membantumu dalam mengelola waktu dan energi dengan lebih efektif.

Kamu perlu sekali belajar menolak sesuatu yang tidak sesuai dengan prioritas atau kebutuhan pribadi. Sebab dengan cara ini, kamu akan dapat fokus pada hal-hal yang lebih penting dan meningkatkan kualitas hidupmu.

2. Mengurangi stres dan kecemasan yang tidak perlu

ilustrasi seseorang mengalami mental health (pexels.com/Anastasia Shuraeva)

Kemampuan untuk menolak sesuatu yang mengganggu juga dapat mengurangi tingkat stres dan kecemasan yang tidak perlu dalam hidupmu. Terkadang, menerima terlalu banyak tanggung jawab atau permintaan dari orang lain justru dapat meningkatkan beban mental dan emosional.

Dengan berkata tidak secara bijak, kamu dapat mengurangi beban tersebut dan merasa lebih tenang. Sehingga, kamu juga bisa lebih rileks dalam menjalani hidup yang sudah berat ini.

3. Meningkatkan fokus pada tujuan dan prioritas pribadi

ilustrasi seseorang berpikir (pexels.com/Sora Shimazaki)

Dengan mengatakan tidak pada hal-hal yang tidak mendukung tujuan atau prioritas pribadimu, kamu akan dapat lebih fokus pada hal-hal yang lebih penting. Ini memungkinkan kamu untuk memprioritaskan apa yang benar-benar penting bagi diri sendiri.

Sehingga, kamu juga lebih mudah berjalan ke arah pencapaian tujuan yang lebih efektif dan kepuasan pribadi yang lebih besar. Jangan mau membuang waktu untuk hal-hal yang hanya membuat kamu tertekan.

Baca Juga: 3 Perubahan yang Bakal Kamu Alami saat Mulai Berani Berkata Tidak

4. Membangun kemandirian dan kepuasan diri

ilustrasi seseorang merasa puas (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kemampuan untuk berkata tidak juga merupakan salah satu langkah dalam membangun kemandirian dan meningkatkan rasa percaya diri. Dengan menghormati kebutuhan diri sendiri, itu menunjukkan bahwa kamu memiliki kendali atas hidupmu.

Ini jelas dapat membantu memperkuat rasa percaya diri dan memperbesar rasa kepuasan terhadap diri sendiri. Kamu tidak lagi menjadi seseorang yang mudah dimanfaatkan oleh orang lain.

Verified Writer

Desy Damayanti

Read what I write and you will find out who I really am, IG: Desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya