TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Kenyamanan Hidup yang Akan Didapat Jika Berkata Jujur

Membuat hatimu lebih tenang

ilustrasi seseorang merasakan ketenangan (pexels.com/Kelvin Valerio)

Sejak kecil, kamu mungkin sudah diajari tentang keharusan untuk berkata jujur. Tapi, apakah kamu sudah tahu manfaat dari berkata jujur tersebut? Bagaimanapun juga, kejujuran adalah aspek penting dalam kehidupan yang seringkali membawa manfaat yang gak terduga, lho.

Meskipun harus diakui, terkadang memang sulit untuk selalu berkata jujur, ya. Tapi, memilih untuk melakukan hal tersebut akan membawa berbagai keuntungan bagi dirimu. Telaah lebih jauh yuk, lima kenyamanan hidup yang dapat diperoleh jika kamu senang berkata jujur.

1. Membangun kepercayaan yang kuat

ilustrasi seseorang yang mempunyai citra positif (pexels.com/Jopwell)

Kejujuran adalah fondasi dari kepercayaan yang diberikan orang lain kepadamu. Saat kamu selalu berkata jujur, secara gak langsung kamu tengah membangun reputasi bahwa dirimu adalah sosok yang dapat dipercaya.

Ini sangat membantu dalam membangun hubungan yang kokoh dengan orang lain, baik dalam lingkungan pribadi maupun profesional. Ketika orang-orang tahu bahwa kamu selalu jujur, maka mereka akan lebih nyaman untuk berinteraksi dan berbagi dalam komunikasi.

2. Mengurangi beban mental

ilustrasi gen z (pexels.com/Polina Tankilevitch)

Apakah kamu pernah merasa gelisah ketika berbohong. Sejatinya, kebohongan memang akan menyebabkan kecemasan, tekanan, dan beban mental yang gak perlu. Dengan memilih untuk selalu berkata jujur, maka kamu gak perlu mengingat kebohongan yang telah dikatakan.

Di samping itu, kamu juga gak perlu merasa bersalah atau merasa cemas bahwa kebohongan yang kamu katakan akan terbongkar. Dengan kata lain, ini membawa kedamaian mental yang signifikan dan mengurangi stres yang disebabkan oleh berbohong.

Baca Juga: 7 Kenyamanan Hidup Saat Kamu Berhasil Menanamkan Kesabaran dalam Diri

3. Membangun kebenaran dalam hubungan

ilustrasi seseorang saling pandang (pexels.com/Monstera Production)

Kejujuran merupakan elemen penting dalam membangun hubungan yang sehat dengan siapapun. Ketika kamu selalu berbicara jujur soal perasaan, kebutuhan, atau masalah, maka itu akan membantu pasangan atau orang terdekat untuk memahami dan mendukungmu dengan lebih baik.

Bisa dibilang, kejujuranmu akan menciptakan fondasi hubungan yang kuat dan mendalam. Yaitu, situasi dimana kedua belah pihak saling menghargai dan mendukung kebenaran satu sama lain.

4. Pemilihan teman dan pasangan yang sesuai

ilustrasi seseorang melakukan eye contact (pexels.com/Ron Lach)

Kejujuran dalam komunikasi membantu kamu untuk menarik orang-orang positif kedalam hidupmu. Saat kamu selalu menjadi pribadi yang jujur, kamu tengah menarik orang yang menghargai nilai-nilai yang sama dan membangun hubungan yang otentik.

Alhasil, ini memungkinkan kamu untuk memilih teman, pasangan hidup, atau circle sosial yang sesuai dengan nilai-nilai dan integritasmu. Orang yang jujur akan dipertemukan dengan mereka yang jujur juga.

Verified Writer

Desy Damayanti

Read what I write and you will find out who I really am, IG: Desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya