TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan Kenapa Seseorang Suka Mencari Kesalahan Orang Lain, Ya Bukan?

Mungkin, ada yang salah dengan dirinya sendiri!

unsplash.com/Ben White

Kebiasaan mencari kesalahan orang lain seringkali gak kita sadari. Terkadang, kita juga suka bingung kan sama orang yang sering mencari kesalahan orang lain? Padahal, hal itu seolah mendarah daging dalam diri kita sendiri. Dan menjadi kebiasaan yang susah hilang dalam masyarakat kita.

Meski begitu, ada beberapa hal nih yang menjadi alasan dasar kenapa seseorang suka mencari kesalahan pada diri orang lain. Bahkan, alasan ini juga bisa jadi ada dalam diri kita.

1. Sebetulnya dia sedang merasa insecure

unsplash/Thu' Anh

Ketika kita senang mencari kesalahan orang lain, sebenarnya hal itu merupakan bentuk bahwa kita sendiri sedang merasa insecure. Ada bagian diri kita yang tau bahwa diri ini memiliki banyak kekurangan. Sehingga, bentuk pelariannya adalah kita menutup mata dari kekurangan diri sendiri dan lebih suka menggali kesalahan orang lain. 

Baca Juga: 5 Manfaat Jika Kamu Memiliki Sifat Apatis, Gak Rugi Kok!

2. Bisa jadi dia hanya sengaja memancing keributan dengan orang lain

unsplash/Fabrizio Verrecchia

Banyak hal yang terlihat salah pada diri orang lain ketika kita membenci orang tersebut. Gak heran, mencari-cari kesalahannya jadi ajang untuk memancing keributan tidak langsung. Hitung-hitung kita juga menguji seberapa sabarnya orang ini. Padahal, perilaku seperti ini jelas sekali gak bermanfaat dan hanya membuat kerugian. 

3. Kemungkinan, dia merasa posisinya sedang terancam

unsplash/NeONBRAND

Mencari kesalahan orang lain juga bisa disebabkan karena posisi yang sedang terancam. Contoh sederhananya, ketika gebetan kita mulai menyukai orang lain, kita pasti deh suka mendekati sang gebetan dan membeberkan kesalahan-kesalahan si orang itu padanya. Padahal, semuanya belum tentu benar dan sebagian lagi mungkin hanya karangan kita belaka karena takut sang gebetan lari ke pelukan orang lain. Iya kan?

4. Atau, dirinya dipenuhi banyak energi negatif yang membuatnya selalu berburuk sangka

unsplash/Clem Onojeghuo

Mencari kesalahan orang lain adalah tindakan yang negatif. Teorinya adalah, semua hal yang negatif, berasal dari sesuatu yang negatif pula. Jadi, ketika seseorang senang sekali mencari hal-hal yang salah dalam diri orang lain, bisa jadi, dia sendiri sebenarnya dipenuhi banyak kesalahan yang membuatnya gak bisa melihat kebaikan dalam diri orang lain. Waduh!

Baca Juga: 7 Sifat Ini Gak Bakal Ada di Orang yang Sukses Mencintai Diri Sendiri

Verified Writer

Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya