TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Kekuatan Support yang Jarang Disadari, tapi Nyata Adanya

Bikin kamu termotivasi

ilustrasi support system (pexels.com/liza-summer)

Pernahkah kamu mendapatkan suntikan support atau dukungan dari orang terdekat, saat sedang berjuang? Entah itu dalam bentuk hadiah, ucapan, kata-kata penyemangat, dan lainnya. Rasanya pasti menyenangkan, kan? 

Sayangnya, terkadang support itu kerap dianggap remeh. Padahal, dukungan dari seseorang, bahkan dalam bentuk terkecil sekalipun, akan mendatangkan kebahagiaan tersendiri. Contohnya saja lima hal berikut ini.

1. Support bikin kita kembali bersemangat saat ingin menyerah

ilustrasi memberi support (pexels.com/Huy ProShoot)

Gak perlu diragukan lagi, salah satu kekuatan support adalah munculnya keinginan untuk kembali berusaha, ketika dorongan untuk menyerah itu hadir. Kamu jadi merasa lebih bersemangat dan bergairah untuk kembali berjuang hanya dengan satu support.

Bahkan, kalimat penyemangat dari orang yang gak dikenal pun bisa punya kekuatan serupa. Saat kekuatan itu datang, jangan ragu untuk menggunakannya sebaik mungkin dan kembali berjuang sekuat tenaga. 

Baca Juga: 5 Alasan bahwa Diri Sendiri Adalah Support System Terbaik

2. Support juga membuat kamu merasa gak sendirian

ilustrasi pertemanan (pexels.com/Buro Millennial)

Dukungan yang datang dari siapa pun, baik itu orang terdekat atau orang yang tak dikenal, semuanya bisa membuatmu merasa gak sendirian. Sebab, perjuangan yang dilakukan sendirian itu tentu gak mudah dan terasa menyedihkan.

Sebaliknya, jika kamu merasa sedang berjuang dengan orang lain di sisimu, rasanya tentu berbeda. Rasa semangat yang hadir ketika diberikan support membuatmu seolah terlahir kembali. Segera bergerak dan tunjukkan aksimu saat semangat ini tengah berkobar. 

3. Support bisa menghapus tangisan dan menggantinya jadi senyuman

ilustrasi kerja tim (pexels.com/fauxels)

Selama berjuang, tak jarang kamu akan merasakan kesusahan dan kesulitan yang kemudian mendatangkan perasaan sedih juga kecewa. Air mata jadi gak berhenti mengalir akibat kesedihan yang begitu dalam. Namun, sebuah kalimat penyemangat bisa menyembuhkan rasa sakit tersebut. 

Tangisan bisa berganti menjadi senyuman hanya dengan sebuah semangat yang diberikan oleh orang lain. Bahkan, senyuman tersebut juga bisa menjelma menjadi tawa bahagia yang penuh semangat membara. 

4. Sebuah support bisa meringankan beban yang awalnya terasa berat

ilustrasi rekan kerja (pexels.com/Alexander Suhorucov)

Berjuang untuk meraih impian tentu bukan perjalanan yang mudah. Banyak sekali cobaan dan ujian yang akan datang dan melewatinya tanpa bantuan dorongan siapa-siapa jelas akan lebih berat lagi. Itulah kenapa support bisa sangat berarti. 

Perjuangan yang begitu berat bisa terasa ringan seketika saat mendapatkan support dari orang lain. Seolah-olah usaha kamu sangat dibutuhkan oleh orang tersebut dan betapa mereka sangat menginginkanmu untuk berhasil. 

Baca Juga: 5 Cara jadi Support System bagi Diri Sendiri, Tetap Semangat!

Verified Writer

Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya