TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Cara Jaga Kesehatan Mental bagi Pekerja Kantoran, Work Life Balance

Jaga juga kesehatan fisikmu

ilustrasi pekerja kantoran (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Di era modern ini, tuntutan pekerjaan jadi semakin tinggi. Bukan rahasia lagi jika banyak orang merasa terbebani dengan berbagai tugas kantor yang menumpuk. Stres yang berkepanjangan dan kurangnya waktu untuk diri sendiri bisa membawa dampak negatif pada kesehatan mental

Oleh karena itu, menjaga kesehatan mental jadi sangat penting, terutama bagi kamu yang sibuk dengan tugas kantor. Berikut ini enam cara efektif untuk menjaga kesehatan mental di tengah kesibukan pekerjaan yang bisa kamu coba.

1. Mengatur waktu dengan baik

ilustrasi memilih sesuatu (pexels.com/George Milton)

Manajemen waktu yang baik adalah kunci dari segala kunci untuk menjaga kesehatan mental di tempat kerja. Saat kamu merasa waktu yang tersedia gak cukup untuk menyelesaikan semua tugas, stres dan kecemasan pasti akan meningkat. Oleh karena itu, sangat penting untuk belajar mengatur waktu dengan bijak.

Mulailah dengan membuat daftar tugas yang perlu diselesaikan dan diprioritaskan berdasarkan urgensi dan kepentingan. Selain itu, alokasikan waktu untuk setiap tugas, dan usahakan untuk tetap disiplin. Jangan lupa menyertakan waktu istirahat diantara pekerjaan. Meskipun terdengar sepele, istirahat sejenak bisa membantu menyegarkan pikiran dan meningkatkan produktivitas. 

2. Punya batasan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi

ilustrasi orangtua dan anak (pexels.com/RDNE Stock project)

Salah satu kesulitan terbesar bagi kamu yang sibuk dengan tugas kantor adalah menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. Hati-hati, saat pekerjaan mulai merambah ke waktu pribadi, ini bisa berdampak negatif pada kesehatan mental. Oleh karena itu, kamu harus menetapkan batasan yang jelas antara keduanya.

Langkah pertama adalah dengan menetapkan jam kerja. Usahakan untuk gak membawa pekerjaan ke rumah, terutama jika kamu bekerja dari kantor. Jika kamu bekerja dari rumah, cobalah untuk punya ruang kerja yang terpisah dan tutup ruangan tersebut saat jam kerja selesai. Ini akan sangat membantu menciptakan pemisahan fisik dan mental antara pekerjaan dan waktu pribadi.

3. Mengatasi stres dengan teknik relaksasi

ilustrasi pekerja kantoran (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Stres adalah bagian tak terpisahkan dari kehidupan kerja, setuju? Namun, bagaimana kamu mengelolanya akan bisa membuat perbedaan besar dalam kesehatan mental. Menerapkan teknik relaksasi secara rutin bisa membantu meredakan stres dan menjaga pikiran tetap tenang.

Sederhana saja, mendengarkan musik yang menenangkan atau suara alam selama beberapa menit bisa sangat membantu merilekskan pikiran. Temukan apa yang paling efektif untukmu dan jadikan teknik relaksasi ini sebagai bagian dari rutinitas sehari-hari.

Baca Juga: Apa Itu Silent Walking? Baik untuk Kesehatan Mental

4. Menjaga kesehatan fisik

ilustrasi berolahraga di kamar (pexels.com/MART PRODUCTION)

Kesehatan fisik dan mental saling berkaitan erat. Saat tubuhmu sehat, maka kamu akan cenderung merasa lebih baik secara emosional dan mental. Oleh karena itu, menjaga kesehatan fisik adalah salah satu cara terbaik, terutama bagi kamu yang sibuk dengan tugas kantor.

Olahraga teratur adalah salah satu cara paling efektif demi menjaga kesehatan fisik dan mental. Meskipun sibuk, cobalah menyisihkan waktu minimal 30 menit setiap hari untuk berolahraga. Bisa dalam bentuk jalan cepat, jogging, bersepeda, atau bahkan workout di rumah. Olahraga gak hanya meningkatkan kebugaran, tapi juga merangsang produksi endorfin, hormon yang membantu meningkatkan suasana hati.

5. Mencari support system

ilustrasi gen z bekerja (freepik.com/freepik)

Bagi banyak orang, support system adalah pilar penting dalam menjaga kesehatan mental. Sharing pengalaman, masalah hidup, dan perasaan dengan orang lain bisa membantu mengurangi beban emosional dan memberi perspektif yang lebih luas.

Jangan ragu untuk ngobrol sama teman, keluarga, atau rekan kerja tentang apa yang kamu rasakan. Terkadang, bicara dengan seseorang yang memahami situasimu bisa memberi kenyamanan dan solusi yang mungkin gak terpikirkan sebelumnya.

Verified Writer

Desy Damayanti

Read what I write and you will find out who I really am, IG: Desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya