TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Bahaya Self Talk yang Sering Gak Disadari, Ubah dari Sekarang!

Jangan membuat gagal diri sendiri

ilustrasi bercermin (pexels.com/Ivan Oboleninov)

Bagaimana caramu memandang diri sendiri akan terlihat dari perkataan yang dirimu katakan ke diri sendiri. Bagaimana kamu melabeli diri sendiri memberikan cap yang akan tertanam dalam benakmu. Seperti itulah gambaran yang akan diterima dan begitulah cara pandang orang lain terhadapmu.

Self talk atau berbicara secara negatif ke diri sendiri, misalnya, mengatakan bahwa dirimu gak berbakat, tak punya kelebihan, tidak bisa bahagia, selalu sial, dan lainnya, maka itu bisa benar-benar terjadi. Gak cuma itu saja, berikut lima bahaya lainnya jika kamu gak mengubah kebiasaan satu ini.

1. Susah mencapai tujuan hidup yang diinginkan

ilustrasi merenung (pexels.com/Thnh Phng)

Tanpa disadari, negatif self talk yang kamu lakukan akan membuat tujuan hidup jadi gagal diraih. Secara alam bawah sadar, kamu akan mulai percaya bahwa kesuksesan sangatlah jauh dan gak mungkin dicapai. Alhasil, usaha apa pun yang dilakukan terasa selalu gagal dan gak membuahkan hasil.

Semakin sering kamu mengucapkan kalimat negatif ke diri sendiri, makin dirimu meyakini hal tersebut. Alhasil, berbagai hal negatif juga terus terjadi ke dirimu.

Baca Juga: 5 Bahaya dari Negative Self Talk

2. Minder dan insecure jadi makanan sehari-hari

ilustrasi ibu dan anak (pexels.com/Kindel Media)

Akibat terus mengatakan kalimat negatif ke diri sendiri, kamu jadi gampang minder. Kepercayaan diri telah menguap entah ke mana dan berbagai kekurangan dirimu terasa lebih mudah dilihat oleh orang lain. Alhasil, kamu pun jadi orang yang tertutup dan mudah insecure.

Gak peduli seberapa besar pun keinginan kamu untuk menjadi lebih percaya diri, alam bawah sadar telah mempercayai berbagai self talk negatif yang kamu ucapkan. Alhasil, berbagai kesempatan pun jadi terlewat begitu saja.

3. Merasa gak pantas bahagia

ilustrasi orang bertengkar (pexels.com/Timur Weber)

Bahaya banget jika kamu terus membiarkan diri untuk mengatakan hal yang negatif. Lama kelamaan, kamu pun akan mulai percaya bahwa dirimu gak pantas bahagia. Sebab, kamu mencap diri sendiri sebagai orang yang rendah, hina, dan gak punya kelebihan. 

Jika kamu saja gak bisa membahagiakan diri sendiri, lalu bagaimana orang lain bisa menghadirkan kebahagiaan tersebut ke dalam kehidupanmu? Belum lagi jika rasa bahagia yang hadir, justru kamu tolak dengan keyakinan negatif yang begitu kuat. 

4. Memiliki perangai yang buruk

ilustrasi orang berdebat (pexels.com/Gustavo Fring)

Akibat lain dari melontarkan kalimat negatif ke diri sendiri adalah kamu jadi orang yang punya perangai buruk. Secara gak sadar, kamu memberikan keyakinan ke diri sendiri, bahwa apa pun yang dilakukan gak akan dipandang baik oleh siapa pun.

Alhasil, rasa-rasanya, lebih baik jika kamu bersikap buruk sekalian daripada berusaha menjadi orang baik. Perangai buruk itu secara gak langsung mengundang pandangan negatif juga dari lingkungan sekitar. Jadi, apa yang kamu pikirkan pun benar-benar jadi kenyataan. 

Baca Juga: 5 Self Talk Negatif yang Sebaiknya Kamu Hindari, Berbahaya!

Verified Writer

Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya