TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Alasan Kuat untuk Ramah kepada Siapa pun, Tunjukkan Sikap Positifmu

Citramu jadi baik di mata orang lain

ilustrasi seseorang bersikap ramah (pexels.com/Sora Shimazaki)

Ketika berpapasan dengan orang lain, minimal kamu harus menebar senyum. Ini adalah bentuk sikap ramah yang paling sederhana dan paling mudah untuk dilakukan. Sudah tahu, kan, kalau sikap ramah adalah sifat yang berharga? Sikap ramah juga bisa memberi dampak positif yang besar dalam kehidupanmu dan orang lain di sekitarmu.

Berbicara, berinteraksi, dan bersikap ramah kepada siapa pun merupakan tindakan sederhana yang sejatinya bisa membawa banyak manfaat, baik secara pribadi maupun sosial. Nah, biar kamu semakin yakin untuk bersikap ramah kepada siapa pun, yuk simak enam alasannya berikut ini.

1. Menciptakan hubungan yang positif dan berkualitas

ilustrasi seseorang bersikap ramah (pexels.com/Askar Abayev)

Sikap ramah adalah kunci utama untuk punya hubungan yang positif dan berkualitas dengan siapa saja. Bayangkan, ketika kamu mampu bersikap ramah kepada orang lain, kamu sebenarnya sedang menciptakan lingkungan yang menyenangkan di sekitarmu. Menarik, kan?

Orang lain akan merasa diterima dan dihargai, yang pada akhirnya meningkatkan rasa koneksi dan kedekatan di antara kalian. Jarak yang sebelumnya terasa membentang pun jadi bisa diperkecil dan membuat kalian semakin dekat.

Baca Juga: 6 Alasan Sikap Ramah Tak Selalu Bikin Orang Nyaman, Takut Gak Tulus

2. Mengurangi konflik dan meningkatkan rasa kerjasama

ilustrasi seseorang bersikap bekerjasama (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Sikap ramah juga bisa mengurangi potensi konflik dalam interaksi sosial. Coba renungkan, deh, saat kamu bersikap ramah, kamu secara gak langsung sedang menghargai pandangan dan perasaan orang lain yang berinteraksi denganmu.

Nah, tentunya hal ini bisa menghindarkanmu dari perdebatan yang gak perlu dan membuka peluang untuk menjalin kerja sama yang produktif. Ketika semua pihak merasa dihargai, kemungkinan terjadinya konflik jadi lebih rendah. Setuju, kan?

3. Meningkatkan kestabilan mental dan emosional

ilustrasi orang bahagia (pexels.com/Alexsandro Calixto)

Menunjukkan sikap ramah kepada orang lain juga akan berdampak positif terhadap stabilnya mental dan emosional dirimu sendiri. Tindakan kebaikan dan kepedulian bisa memicu pelepasan hormon endorfin yang dikenal juga sebagai hormon kebahagiaan.

Tahukah kamu, hormon ini bisa membantu meredakan stres dan meningkatkan suasana hatimu. Itulah kenapa semakin kamu menebar kebaikan, semakin bahagia rasanya dirimu.

4. Memperluas jaringan sosial dan peluang

ilustrasi seseorang bersikap bekerjasama (pexels.com/Helena Lopes)

Sikap ramah membantumu memperluas jaringan sosial dan menciptakan peluang. Coba kamu perhatikan, orang-orang tentu cenderung lebih tertarik mendekati dan bekerja sama dengan sosok yang memiliki sikap positif dan ramah, kan?

Jika kamu bersikap ramah kepada orang lain, kamu mungkin bisa akan menemukan peluang baru. Baik itu dalam lingkungan pribadi maupun profesional.

5. Memberikan dampak positif pada lingkungan

ilustrasi orang berpesta (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Sikap ramah punya potensi untuk menciptakan lingkungan yang positif di sekitarmu. Kamu bisa menjadi teladan bagi orang lain dan mendorong terbentuknya budaya saling menghargai dan berempati. Lama kelamaan, lingkunganmu pun akan menjadi sangat menyenangkan dan bikin betah.

Lingkungan yang positif jelas mempengaruhi suasana hati secara keseluruhan dan juga menciptakan atmosfer yang lebih harmonis. Bayangkan betapa bahagianya jika kamu punya lingkungan yang seperti ini.

Baca Juga: 5 Ciri-ciri Sikap Ramah yang Palsu, Bikin Sakit Hati

Verified Writer

Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya