TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Dampak Positif Berani Melepas Hal-hal yang Gak Sesuai dengan Prinsip

Jadi diri sendiri seutuhnya!

ilustrasi orang tertawa (pexels.com/Matheus Ferrero)

Kamu pasti punya nilai yang kamu anut dan prinsip yang kamu pegang teguh, kan? Menjalani kehidupan tanpa punya dua hal tersebut hanya akan membuat dirimu mudah mengikuti arus. Tapi, orang yang memang punya prinsip, pasti lebih mudah meraih kesuksesan. 

Kadang-kadang dalam hidup, kamu akan menemui situasi atau hubungan yang gak lagi sesuai dengan prinsip atau nilai-nilai sendiri. Pada saat seperti itu, penting banget untuk berani melepaskan hal-hal tersebut demi kebahagiaan dan pertumbuhan pribadimu. Ini, nih lima dampak positif yang bisa dirasakan ketika berani melepaskan yang gak sesuai dengan prinsip. Yuk, berani meraih kebahagiaan yang seutuhnya.

Baca Juga: 5 Tips Melepaskan Penyesalan yang Mendalam, Sering Mengalami?

1. Kehidupan yang lebih otentik

ilustrasi orang mengobrol (pexels.com/Helena Lopes)

Ketika kamu berani melepaskan hal-hal yang gak sesuai dengan prinsip, kamu jadi mampu menjalani kehidupan yang lebih otentik dan unik versi dirimu sendiri. Dengan menghormati nilai-nilai dan prinsipmu, gak ada lagi ceritanya kamu menyimpang dari jalan yang seharusnya. Kamu gak perlu berpura-pura atau beradaptasi dengan situasi yang gak sesuai dengan dirimu. 

Sebagai gantinya, kamu hidup dalam keselarasan dengand iri sendiri dan menjalani kehidupan yang sesuai dengan nilai-nilai inti. Ini membawa perasaan kedamaian dan kepuasan yang lebih besar.

2. Meningkatnya kualitas hidup

ilustrasi sahabat sejati (pexels.com/JESSICA TICOZZELLI)

Dengan melepaskan hal-hal yang gak sesuai dengan prinsip, kamu jelas jadi bisa meningkatkan kualitas hidup kita secara keseluruhan. Ini karena kamu gak lagi membiarkan diri untuk terjebak dalam situasi yang gak sejalan dengan keinginan dan kebutuhanmu. 

Kamu punya kontrol atas hidupmu dan bisa mengambil keputusan yang lebih baik sesuai dengan prinsipmu sendiri. Termasuk di dalamnya seperti pengambilan keputusan yang lebih sehat, menciptakan hubungan yang lebih positif, dan mengejar tujuan dan impianmu dengan lebih berani. Dengan meningkatnya kualitas hidup, kamu pasti bisa merasakan kebahagiaan yang lebih besar.

Baca Juga: 5 Manfaat Punya Kesadaran Melepaskan Sesuatu yang Mengganjal Hatimu

3. Terbebas dari beban emosional

ilustrasi seseorang sendirian (pexels.com/Vlada Karpovich)

Melepaskan hal-hal yang gak sesuai dengan prinsip juga membawamu untuk terbebas dari beban emosional. Ketika kamu berusaha mempertahankan hubungan atau situasi yang gak sejalan dengan nilai-nilaimu, kamu seringkali mengalami stres, kecemasan, dan konflik internal dengan dirimu sendiri. 

Namun, dengan berani melepaskannya, kamu membebaskan diri dari beban emosional tersebut. Kamu jadi gak lagi merasa tertekan atau gak menjadi diri sendiri. Sebaliknya, kamu merasa lebih ringan dan bisa fokus pada hal-hal yang benar-benar penting bagimu. Ini membantu menjaga kesehatan mental dan emosionalmu sendiri.

4. Meningkatnya kehidupan hubungan dengan orang lain

ilustrasi orang mengobrol (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Ketika kamu berani melepaskan hal-hal yang gak sesuai dengan prinsip, kamu juga membuka pintu untuk meningkatkan kehidupan hubungan dengan orang lain. Kamu bisa menciptakan hubungan yang lebih sehat, bermakna, dan autentik dengan orang-orang di sekitarmu. Dengan memegang teguh prinsip dan nilai-nilai, kamu menarik orang-orang yang sejalan dengan visi dan tujuan hidupmu saat ini. 

Hubungan yang didasarkan pada kesamaan nilai ini cenderung lebih harmonis, saling mendukung, dan saling menghormati. Melepaskan hubungan atau situasi yang gak sejalan dengan prinsip juga memberi ruang bagimu untuk menjalin ikatan lebih erat dengan orang-orang yang memahami dan menerima dirimu sepenuhnya. Hal ini memungkinkanmu untuk membangun hubungan yang tulus dan berkualitas.

Baca Juga: 5 Alasan Perlu Melepaskan Rasa Benci di Hati, Tak Baik Dipendam Lama

Verified Writer

Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya