TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Cara Efektif Tetap Tenang Saat Gugup, Lebih Percaya Diri!  

Atur pernapasan dengan benar, sangat membantu

ilustrasi presentasi (pexels.com/fauxels)

Perasaan gugup merupakan perasaan yang wajar dialami oleh setiap orang. Seseorang biasanya mengalami hal ini saat menghadapi situasi penting seperti, presentasi, interview kerja atau saat mengharuskan berbicara di depan umum. 

Rasa gugup yang berlebihan membuat seseorang yang mengalaminya kehilangan fokus dan rasa kurang percaya diri. Namun, kamu tidak perlu khawatir. Dengan menerapkan beberapa tips di bawah ini kamu bisa menekan rasa gugup yang kamu rasakan. Simak baik-baik, ya!

1. Lakukan teknik pernapasan yang benar

ilustrasi melatih pernafasan (pexels.com/Liza Summer)

Cobalah ambil napas dalam-dalam, kemudian tahan sebentar lalu embuskan. Cara ini cukup efektif membuat tubuh menjadi relaks. Lakukan 2-3 kali hingga perasaan tenang. Teknik pernapasan ini membantu menurunkan detak jantung sehingga lebih relaks dan tenang.

2. Pikirkan hal yang menyenangkan

ilustrasi memikirkan hal menyenangkan. (pexels.com/Keira Burton)

Rasa gugup yang terjadi begitu saja membuat kita sulit untuk berpikir. Namun, apa pun yang terjadi kamu harus tetap sadar dan fokus dengan hal yang sedang kamu lakukan.

Cobalah untuk membayangkan hal-hal menyenangkan seperti kenangan indah masa kecil atau pemandangan yang menyejukan. Perlahan pikiran akan teralihkan dari stres yang dirasakan.

3. Lakukan meditasi

ilustrasi meditasi (pexels.com/cottonbro studio)

Bermeditasi menjadi langkah yang baik untuk menenangkan pikiran dan rasa gugup untuk jangka waktu yang panjang. Dengan bermeditasi secara rutin kamu bisa melatih pikiran untuk tetap tenang dalam segala situasi.

Kamu bisa luangkan waktu untuk bermeditasi secara rutin. Carilah tempat yang sunyi dan tenang supaya tidak ada gangguan selama meditasi berlangsung.

Baca Juga: 5 Fakta Audience Effect, Fenomena Gugup saat Diperhatikan!

4. Selalu berpikir positif

ilustrasi memikirkan hal positif(pexels.com/Andrea Piacquadio)

Rasa gugup biasanya berasal dari pikiran negatif yang kita bayangkan. Seperti merasa takut gagal, takut membuat kesalahan dan rasa kurang percaya diri. Pikiran-pikiran itulah yang memperburuk kinerja dan performa kamu dalam melakukan suatu hal.

Fokuslah memikirkan hal-hal positif yang dapat membangun rasa percaya diri. Ucapkan kalimat afirmasi positif setiap kali kamu merasa gugup, ya! Contohnya, "saya bisa", " saya melakukan yang terbaik", dan kalimat afirmasi positif lainnya.

5. Dengarkan musik relaksasi

ilustrasi mendengarkan musik (pexels.com/Tirachard Kumtanom)

Mendengarkan musik favoritmu dapat meningkatkan perasaan tenang dan percaya diri. Atau kamu juga bisa dengarkan instrumen relaksasi yang membuat perasaan jauh lebih tenang. Buatlah playlist berisi lagu atau instrumen yang bisa didengarkan saat gugup atau saat suasana hati sedang buruk.

6. Hindari konsumsi kafein

ilustrasi minuman berkafein (pexels.com/John Diez)

Kafein dapat meningkatkan detak jantung dan tekanan darah. Sehingga saat rasa gugup melanda bisa meningkatkan perasaan gelisah dan kemampuan berkonsentrasi pun akan terganggu.

Alih-alih menenangkan diri dengan mengonsumsi kafein, lebih baik cobalah minum cokelat hangat atau teh herbal yang menenangkan.

Verified Writer

Sri Kurniati

안녕하세요👋

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya