TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Tips Penting Bagi Para Pemula yang Ingin Berkarir Menjadi Youtuber

Bikin ini itu, tiba-tiba jadi selebritis internet. Pemasukan banyak, pamor meningkat. Mau dong?

id.finspi.com

Siapa sih yang nggak pengen terkenal dan punya banyak uang? Jaman sekarang, jadi orang tenar nggak sesulit dulu-dulu, lho. Satu video viral aja bisa bikin kamu jadi bahan omongan sejagad raya internet. Liat tuh contohnya, Awkarin. Atau mau contoh yang lebih cetar lagi? Justin Bieber. Satu video cover lagu yang doi upload ke youtube ternyata udah lebih dari cukup untuk Usher berhasil ngebawa Bieber di bawah asuhannya jadi penyanyi terkenal.
 
Tapi, bikin video viral nggak semudah keliatannya. Simak tips berikut untuk cari tau cara sukses terkenal di internet.

Konten harus relatable.

Vimeo

Faktor unik memang memainkan peran besar untuk sebuah video bisa viral. Tapi agar orang-orang mau nge-share videomu, topik videomu haruslah sesuatu yang ingin ditonton dan dinikmati oleh orang banyak. Dengan kata lain, buat video yang likeable dan relatable.

Video yang eye-catching haruslah berisi tentang topik yang dipedulikan oleh penonton dan lingkaran share mereka. Ini berarti, kamu perlu puter otak untuk cari tau target audiensmu yang lebih spesifik. Apa kamu pengen bikin video-video kocak? Buat kompilasi video yang menyisipkan kekoplakan remeh yang terjadi di kehidupan sehari-hari atau video dubbing dari artis-artis nge-hits saat ini.

Masyarakat tertarik oleh cerita. Kita suka untuk mengikuti arus plot - entah itu di komik, berita, atau dokumenter. Kita pengen tahu siapa karakter utamanya, apa yang jadi masalah, dan apa endingnya. Tapi jangan juga bertele-tele. Usahakan agar videomu tetap pendek namun tetap informatif, ya!
 
Ingat, untuk bisa viral, videomu perlu menarik perhatian orang-orang yang kamu anggap sebagai “sasaran empuk” buat ngeshare, dan juga butuh waktu yang cepat.

Harus mudah di-share.

eLearningMind

Terlepas dari apa konten videomu, yang paling penting adalah bagaimana video tersebut menyebar. Ini adalah tips yang paling penting dalam membuat video viral. Internet adalah tempat yang pas untuk kamu bisa terkenal dengan cepat dan mudah karena omongan berjalan cepat.

Video viral bisa sukses akibat sharing, dan jika penontonmu ribet untuk menyebarkan videomu, kamu akan menghambat peluang videomu jadi viral. Buatlah semudah mungkin untuk masyarakat di luar sana untuk menyebarkan videomu di seluruh pelosok internet raya dengan menyisipkan link berbagi di media sosial di bawah video dan ajak mereka untuk aktif nge-share segera setelah video diupload. Seringnya, penonton akan nge-klik dalam hitungan detik, tapi sedikit colekan darimu untuk berbagi bisa membuat perbedaan antara terkenal dan tidak.

Judul dan deskripsi yang menggelitik.

YouTube

Setiap kali ngupload video ke youtube atau platform video sharing lainnya, kamu bakalan disediain area khusus untuk ngisi judul dan deskripsi videomu. Seringnya, kolom-kolom ini dikosongin atau hanya nambahin satu-dua kalimat asal-asalan. Kalo kamu pernah begini, sebenernya kamu udah salah langkah, nih! Judul dan deskripsi memainkan peran utama dalam hal lalu lintas mesin pencari. Jadi menghindari memberikan judul atau deskripsi bukanlah ide yang baik. 

Luangin deh sedikit waktu untuk memikirkan rangkaian kata yang menarik di judul dan deskripsi, yang bisa bikin orang-orang penasaran buat ngeklik. Gunain fasilitas google kayak google trends untuk cari tau kata kunci yang paling banyak dicari orang. Sertain tag yang berhubungan dengan isi videomu dan pilih thumbnail yang menarik untuk preview videomu.

Ikut kompetisi online.

Sejuta Aksi

Konten video udah asik, judul dan deskripsi udah aduhai. Tapi nge-share di akun pribadi masih kurang yahud (maklumlah, masih newbie). Ikut kompetisi adalah salah satu cara tercepat yang bisa bikin kamu tenar mendadak di internet.

Writer

Cecep Markicep

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya