TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Tips Jadi Pribadi yang Menyenangkan, Gaet Banyak Teman! 

Hindari mengejar validasi

ilustrasi lingkungan kerja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Banyak orang mengeluh ingin punya banyak teman, tapi tidak tahu harus memulai dari mana. Alhasil, kita akhirnya jadi fokus dengan kebingungan dan rasa insecurity, yang pada akhirnya membuat kita berputar-putar di tempat yang sama.

Menjadi pribadi yang menyenangkan memang gampang-gampang sulit. Fokusnya bukanlah untuk menyenangkan hati orang, ya, melainkan menempatkan diri sebagai pribadi yang mudah bergaul dengan orang lain.

Toh, pada akhirnya, kita tidak bisa megendalikan pendapat orang lain terhadap diri kita. Yang bisa kita kendalikan ialah pola pikir, sikap, dan cara membawa diri. Berikut tiga tips yang bisa kamu ikuti agar jadi pribadi yang menyenangkan.

1. Terlebih dahulu cintai dirimu sendiri

ilustrasi wanita (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Banyak yang terjebak di sini. Kita terlalu fokus pada pendapat orang, sampaisibuk membenahi diri ini dan itu. Tidak salah, sih, ingin terus mengembangkan diri. Tapi lakukanlah itu karena kamu mencintai dirimu, bukan demi mendapat pengakuan dan validasi orang lain.

Akan terlihat berbeda seseorang yang menyukai dirinya, dengan mereka yang tidak. Orang yang rendah diri biasanya lebih ragu-ragu dalam bertindak dan mengambil keputusan, sehingga sisi mereka yang autentik tidak terlihat. Padahal justru diri kita yang autentik itulah yang memikat. Layaknya kata pepatah, kepercayaan diri ialah perhiasan terbaik yang bisa kamu kenakan.

Baca Juga: 7 Tips Mencintai Diri Sendiri Tanpa Butuh Pengakuan Orang Lain

2. Jadi pribadi yang hangat dan tidak mudah menghakimi

ilustrasi wanita (pexels.com/Charlotte May)

Tidak ada relasi yang sempurna. Begitu juga dengan orang-orang yang kita temui, tidak ada yang sempurna. Yang terpenting ialah bagaimana kamu mengembangkan sikap hangat dan menerima terhadap orang itu.

Semakin kamu bersikap baik dan mengasihi dirimu, semakin mudah pula kamu bersikap hangat terhadap orang lain. Bagaimana kita memperlakukan diri akan terefleksi pada bagaimana kamu memperlakukan orang lain.

Pribadi yang hangat dan tidak mudah menghakimi terkait dengan sikap tulus. Siapa yang tidak suka berteman dengan orang tulus?

Verified Writer

Caroline Graciela Harmanto

sedang mengetik ...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya