TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Masalah yang akan Dihadapi bila Terus Berpura-pura Jadi Orang Lain

Hubunganmu dengan mereka jadi terasa melelahkan

ilustrasi wanita (pexels.com/Polina Zimmerman)

Apa kamu salah satu orang yang sering mengerdilkan diri demi menyenangkan hati orang lain? Mengerdilkan diri berarti kamu secara sengaja menahan opini, pemikiran, keinginanmu di depan mereka. Dengan kata lain, kamu tidak benar-benar bisa menjadi diri sendiri.

Kamu membatasi diri dengan beragam alasan. Entah karena takut ditolak, atau karena tidak percaya diri. Kamu mengira dengan berpura-pura jadi orang lain dirimu akan lebih aman. Namun, justru sikap seperti ini membahayakan dirimu. Berikut lima dampaknya.

1. Kamu tidak akan mendapat apa yang sebenarnya kamu inginkan

ilustrasi wanita (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Ini karena, kamu terus menahan-nahan dirimu. Contoh sederhana, sebenarnya kamu ingin memilih opsi A. Namun, karena teman-temanmu kebanyakan memilih opsi B dan dirimu tidak ingin dicap aneh, maka kamu menelan pilihanmu sendiri demi mengikuti mereka. Alhasil, kamu tidak mendapat apa yang kamu inginkan.

Sama halnya dalam dunia kerja. Ketika kamu terus menahan diri dengan alasan minder dan takut salah, potensimu akan terus terkubur tanpa dilihat atasan. Siapa yang rugi? Kamu sendiri, bukan?

Baca Juga: 5 Alasan Logis Gak Perlu Jadi Orang Lain agar Disenangi

2. Kamu menghabiskan waktu bersama orang yang salah

ilustrasi teman (pexels.com/Tim Douglas)

Dengan berpura-pura, kamu sama saja mengelilingi dirimu dengan orang-orang yang tidak mengenal dirimu apa adanya. Bisa jadi, mereka menyukaimu karena siapa yang kamu tunjukkan sekarang.

Apa kamu sungguh-sungguh ingin menghabiskan waktu dengan orang seperti itu? Setiap kalian hang out, kamu harus berpura-pura menjadi orang lain. Tidakkah ttu melelahkan?

3. Menghambat pertumbuhanmu sebagai seorang pribadi

ilustrasi wanita (pexels.com/AlteredSnaps)

Dengan bertemu banyak orang dan menjalin hubungan dengan mereka, kamu akan bertumbuh menjadi pribadi yang lebih baik. Namun, bila memendam-mendam, terus mengikuti opini orang demi menghindari masalah, kamu tidak akan pernah bisa bertumbuh.

Kamu akan tetap terus menjadi orang gak enakan yang sungkan dan tidak berpendirian. Tidak ada yang salah dengan perbedaan pendapat dan gesekan, justru ini yang mengukuhkan sebuah hubungan.

4. Relasi jadi terasa melelahkan

ilustrasi percakapan (pexels.com/Cliff Booth)

Capek, lho, harus terus memasang topeng wajah hanya demi disukai orang. Harapan untuk terus mencapai ekspektasi orang lain lambat laun akan menguras energimu sendiri.

Relasi seharusnya menguatkan, bukan malah membuat lelah. Kalau kamu terus-menerus merasa lelah dan tertekan dalam hubungan, maka patut dipertanyakan, apa hubungan tersebut sungguh-sungguh untukmu?

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Gak Perlu Berubah jadi Orang Lain untuk Mengejar Gebetan

Verified Writer

Caroline Graciela Harmanto

sedang mengetik ...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya