TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kapan Batas Waktu Sholat Ashar? Ini Penjelasan Menurut Dalil

Wajib diperhatikan agar sholat sah dan mendapat pahala

ilustrasi sholat subuh di masjid (unsplash.com/Sangga Rima Roman Selia)

Dalam pelaksanaan sholat ashar, tentunya terdapat batas waktu awal serta akhir dalam pengerjaannya. Tentunya batas waktu sholat ashar wajib untuk diperhatikan supaya sah dan mendapat pahala.

Terkait sholat lima waktu, Allah SWT berfirman dalam surat Al-Bayyinah ayat 5. Adapun bunyinya sebagai berikut:

وَمَآ أُمِرُوٓا۟ إِلَّا لِيَعْبُدُوا۟ ٱللَّهَ مُخْلِصِينَ لَهُ ٱلدِّينَ حُنَفَآءَ وَيُقِيمُوا۟ ٱلصَّلَوٰةَ وَيُؤْتُوا۟ ٱلزَّكَوٰةَ ۚ وَذَٰلِكَ دِينُ ٱلْقَيِّمَةِ

Artinya:

"Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus, dan supaya mereka mendirikan sholat dan menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus." (QS. Al-Bayyinah: 5).

Lantas, kapan batas waktu sholat ashar? Mari kita simak ulasannya di bawah ini.

Baca Juga: 5 Keutamaan Menjaga Shalat Ashar, Dimudahkan Masuk Surga!

1. Batas waktu awal sholat ashar

ilustrasi para wanita yang sedang sholat berjamaah (pexels.com/Thirdman)

Sholat ashar adalah sholat fardu dengan jumlah empat rakaat. Nah, sama halnya dengan sholat fardu yang lain, sholat ashar memiliki waktu tertentu dalam pelaksanaannya.

Adapun waktu sholat ashar sendiri dimulai tepat saat waktu zuhur sudah habis. Di mana, ini ditandai saat panjang bayangan suatu benda menjadi sama panjangnya dengan panjang benda itu sendiri.

Nah, bagi yang mengerjakan sholat ashar pada awal waktu, maka seorang Muslim akan mendapatkan kemuliaan di hadapan Allah SWT. Hal tersebut tertulis dalam sebuah hadis riwayat Bukhari-Muslim yang berbunyi:

"Perbuatan yang paling mulia ialah sholat pada awal waktunya." (HR. Bukhari-Muslim)

2. Batas waktu akhir sholat ashar

ilustrasi rukuk saat sholat tahajud (pexels.com/Michael Burrows)

Sementara itu, batas waktu sholat ashar ditandai saat matahari tenggelam di ufuk barat. Hal tersebut dijelaskan dalam dalil berikut ini:

Dari Abi Hurairah radhiyallahuanhu berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Dan orang yang mendapatkan satu rakaat sholat Ashar sebelum matahari terbenam, maka dia termasuk mendapatkan sholat Ashar." (HR. Muttafaq'alaihi).

Bahkan para ulama mengatakan bahwa dimakruhkan melakukan sholat ashar saat sinar matahari sudah mulai menguning, yang menandakan matahari akan terbenam. Sebab, ada hadis yang menyebut bahwa sholat di waktu itu adalah sholatnya orang munafik.

Dari Anas bin Malik radhiyallahuanhu berkata, "Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda,"... itu adalah sholatnya orang munafik yang duduk berhadap matahari hingga saat matahari berada di antara dua tanduk setan, dia berdiri dan membungkuk 4 kali, tidak menyebut nama Allah kecuali sedikit." (HR. Muslim)

Nah, itulah batas waktu awal dan akhir sholat ashar yang wajib diketahui oleh seorang Muslim agar sah dan mendapatkan pahala. Apalagi jika dikerjakan di awal waktu, ini akan mendapatkan kemuliaan di hadapan Allah SWT.

Baca Juga: Mustajab, Ini Doa Setelah Sholat Ashar yang Harus Kamu Tahu

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya