TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Kesalahan Pemasangan Atap Sirap pada Hunian

Banyak yang gak sadar melakukan kesalahan-kesalahan ini

potret atap sirap (eagleroofing.com)

Atap sirap adalah pilihan populer untuk memasang atap pada hunian. Namun, banyak kesalahan yang sering terjadi dalam pemasangan atap sirap yang dapat menyebabkan masalah dan kerusakan pada bangunan.

Berikut ini adalah lima kesalahan pemasangan atap sirap pada hunian yang perlu dihindari. Jangan sampai kamu lakukan, ya!

1. Tidak memperhatikan kualitas bahan

potret bahan atap sirap (architectureanddesign.com.au)

Ketika membeli bahan pemasangan atap sirap, pastikan bahwa bahan tersebut memiliki kualitas yang baik dan sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan. Jangan tergiur dengan harga murah namun kualitas rendah. Sebab, ini dapat menyebabkan masalah dan kerusakan pada atap sirap dalam jangka panjang.

Rumah merupakan salah satu aset paling mahal dan penting. Menggunakan bahan yang layak untuk atap berarti kamu telah berinvetasi dengan baik untuk diri sendiri.

Baca Juga: 5 Kelebihan Menggunakan Green Roof pada Hunian, Terasa Lebih Adem

2. Pemasangan yang tidak benar

ilustrasi pemasangan atap sirap (westfraser.com)

Pastikan bahwa pemasangan atap sirap dilakukan dengan benar dan sesuai dengan spesifikasi. Pemasangan yang tidak benar dapat menyebabkan masalah seperti bocor, retak, dan bahkan roboh.

Tentu tidak mau bukan kamu harus kerepotan dengan tetesan air saat hujan karena atap bocor. Apalagi jika sampai retak dan roboh. Hal tersebut sangat mengancam keselamatan dan nyawa kita. Maka dari itu, perhatikan pemasangan atap sirap dengan baik.

3. Tidak memperhatikan drainase air

potret drainase atap (buildmagazine.org.nz)

Drainase air merupakan hal yang penting dalam pemasangan atap sirap. Pastikan bahwa drainase air dalam kondisi baik dan dapat mengalirkan air hujan dengan baik. Jika tidak, air hujan dapat menimbulkan masalah seperti bocor dan kerusakan pada bangunan.

Banyak orang yang menyepelekan hal ini. Apalagi jika kamu tinggal di daerah dengan intensitas curah hujan yang tinggi. Drainase atap yang kurang memenuhi volume air hujan kerap jadi kesalahan klasik.

4. Tidak memperhatikan kondisi bangunan

ilustrasi kondisi bangunan (bluebarrelsystems.com)

Pastikan bahwa bangunan dan pondasi yang akan diterapkan atap sirap dalam kondisi baik dan kuat. Jika bangunan dan pondasi tidak kuat, pemasangan atap sirap dapat menyebabkan masalah dan kerusakan pada bangunan.

Atap merupakan bagian paling atas dari bangunan sehingga sangat penting untuk memperhatikan bagian-bagian bangunan di bawahnya. Pastikan juga bentuk atap menyesuaikan bentuk bangunan agar tidak terlihat aneh.

Baca Juga: 9 Ide Desain Atap Rumah Model Dak, Cocok untuk Hunian Modern!

Verified Writer

Dekorancang Ruang

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya