TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Meningkatkan Semangat Ibadah di Bulan Puasa

Gak ada lagi malas ibadah

ilustrasi salat (unsplash.com/Masjid Pogung Dalangan)

Bagi umat Islam, bulan Ramadan merupakan bulan yang istimewa. Di bulan ini, semua amal kebaikan akan dilipatgandakan. Banyak orang Islam yang meniatkan diri untuk memperbanyak ibadah di bulan ini karena keistimewaannya. Terlebih di bulan ini memberikan suasana spiritual yang tinggi.

Masalahnya, mempertahankan semangat ibadah merupakan hal yang tidak mudah. Banyak pula seseorang yang hanya semangat beribadah di awal-awal puasa saja. Bagi kamu yang ingin meningkatkan semangat beribadah di bulan Ramadan, yuk simak tips di bawah ini!

1. Perbanyak mendengar ceramah keagamaan

ilustrasi ceramah keagamaan (unsplash.com/Raka Dwi Wicaksana)

Mendengar ceramah keagamaan menjadi cara umat Islam untuk meningkatkan semangat dalam beribadah. Tak hanya meningkatkan semangat ibadah saja, kamu akan mendapatkan pengetahuan baru tentang hukum-hukum Islam.

Saat ini, mendengarkan ceramah sangat mudah. Kamu dapat menonton ceramah kapan pun dan di mana saja dengan menggunakan HP. Kamu bisa memilih ceramah yang kamu inginkan untuk meningkatkan semangat ibadah di bulan Ramadan ini.

Baca Juga: 5 Keutamaan Bulan Ramadan, Bikin Semangat Ibadah!

2. Bergaul dengan orang saleh

ilustrasi salat ied (unsplash.com/Levi Meir Clancy)

Teman memberikan dampak yang besar terhadap kehidupan kita. Saat kamu ingin meningkatkan semangat beribadah di bulan Ramadan, bergaullah dengan orang-orang yang semangat beribadah pula.

Bergaul dengan orang yang semangat beribadah akan membuat kamu termotivasi untuk ikut semangat dalam beribadah. Tak hanya itu, kamu jadi punya teman untuk saling mengingatkan dan mengajak untuk beribadah.

Sebaliknya, ketika kamu bergaul dengan orang yang malas beribadah, kamu pun akan ikut malas. Jauhilah orang yang malas beribadah agar kamu tetap menjaga semangat kamu untuk memperbanyak ibadah di bulan Ramadan.

3. Sedikit tapi konsisten

ilustrasi membaca Al-Qur'an (unsplash.com/Wizdan Zacky Fauzan)

Terdapat satu trik agar kamu dapat terus semangat dalam beribadah, yaitu melakukan amalan ringan tapi konsisten. Melakukan amalan atau ibadah ringan tidak akan memberatkan kamu ketika melakukannya. Hal ini akan menjaga kamu agar tetap semangat dalam melakukannya.

Contoh, kamu bisa membawa 1 juz per hari yang bisa dicicil sehabis salat. Ketika kamu memaksakan ingin membaca melebihi batas kemampuan, pasti kamu akan mudah bosan. Lakukanlah amalan ringan tapi konsisten agar semangat ibadah kamu terjaga.

4. Tentukan target ibadah kamu

ilustrasi Al-Qur'an digital (unsplash.com/Bagas Rais R)

Memiliki target menjadi cara agar seseorang tetap terpacu dalam melakukan sesuatu, termasuk dalam hal ibadah. Kalau kamu ingin ibadah kamu tetap semangat dan konsisten di bulan Ramadan, tetapkanlah target ibadah kamu.

Biasanya, orang-orang akan menargetkan agar khatam Al-Quran minimal sekali dalam bulan Ramadan. Hal ini dapat kamu jadikan contoh untuk menetapkan target ibadah kamu. Kalau memang kamu tidak punya banyak waktu untuk membaca Al-Quran, kamu bisa menggantinya dengan salat tarawih tanpa bolong.

Memiliki target ibadah akan membuat kamu kembali semangat beribadah ketika mengingatnya. Sebaiknya, tetapkanlah target ibadah sesuai kadar kemampuan dan waktu yang dapat kamu luangkan. 

Baca Juga: 5 Kegiatan Produktif saat Weekend di Ramadan, Momen Tingkatkan Ibadah

Verified Writer

Athallah Hanan Adhasubhi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya