TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tanda Nyata Kamu Orang yang Boros, Gak Bijak Atur Keuangan

Kalau bisa sih jangan boros

Ilustrasi cewek suka belanja (pexels.com/Gustavo Fring)

Uang adalah aspek penting bagi setiap orang yang bisa mempengaruhi banyak hal. Mulai dari kesejahteraan diri sendiri hingga bisa jaga kestabilan emosional secara keseluruhan. Salah satu sikap yang punya dampak negatif terhadap keuangan adalah adanya kecenderungan untuk bersikap boros.

Boros gak hanya mengacu pada pengeluaran yang berlebihan dan menghamburkan uang saja. Tetapi juga sebuah cerminan dari pola pikir dan kebiasaan buruk yang berpengaruh terhadap keuangan dalam jangka panjang. Lalu gimana caranya agar tahu bahwa kamu adalah orang yang boros? Berikut tanda yang menunjukkan kamu punya kecenderungan untuk boros. 

1. Gak punya susunan anggaran yang baik

Ilustrasi saat belanja gak punya anggaran (pexels.com/Gustavo Fring)

Orang yang cenderung boros biasanya tidak punya anggaran keuangan yang jelas bahkan gak pernah membuat rencana pengeluaran. Kamu mungkin gak menghitung berapa banyak uang yang kamu punya dan berapa jumlah pengeluarannya.

Bahkan kamu enggan untuk menghitung atau melihat berapa banyak uang yang kamu simpan untuk tabungan atau investasi. Tanpa anggaran yang baik, kamu akan sulit mengontrol pengeluaran dan lebih cenderung terjebak dengan pola pengeluaran yang gak terkendali.

2. Penggunaan kartu kredit yang gak terkendali

ilustrasi kartu kredit (unsplash.com/Nathana Rebouças)

Penggunaan kartu kredit secara berlebihan adalah salah satu tanda yang paling mudah ditebak dari perilaku boros. Orang yang boros cenderung menggunakan kartu kredit untuk membeli barang tanpa adanya pertimbangan yang jelas.

Biasanya kamu gak berpikir apakah kamu benar-benar membutuhkannya atau mampu membayarnya. Kamu mungkin hanya bisa membayar pembayaran minimum setiap bulan, yang pada akhirnya bisa membuat kamu terjebak ke dalam utang yang sulit dihindari.

Baca Juga: Anti Boros! Tips Mengatur Keuangan Bulanan dengan Bijak

3. Membeli barang yang gak direncanakan

Ilustrasi membeli barang tanpa rencana (pexels.com/Vika Glitter)

Orang yang boros lebih sering bertindak secara impulsif saat membeli barang, utamanya untuk barang yang mewah atau barang yang sebenarnya gak dibutuhkan. Kamu lebih sering beli barang dengan asal beli tanpa berpikir panjang tentang kegunaan barang tersebut. 

Kamu juga pasti sering mengalami membeli barang secara dadakan, di mana kamu membeli sesuatu hanya karena merasa tergoda atau terpengaruh oleh iklan atau keadaan sosial. Hal ini bisa menyebabkan pemborosan barang yang banyak tidak digunakan dan menghabiskan uang untuk barang yang gak perlu.

4. Sulit menabung atau mengelola uang dengan efektif

Ilustrasi sulit menabung(pexels.com/Jonathan Borba)

Orang yang cenderung boros biasanya punya kesulitan untuk menabung atau mengelola uang dengan cara yang lebih efektif. Kamu juga sering mengalami fase kehidupan dari gaji ke gaji berikutnya tanpa punya pertimbangan untuk membuat dana darurat untuk masa depan.

Kurangnya perencanaan dalam jangka panjang bisa membuat kamu rentan mengalami situasi keuangan yang sulit atau kondisi gak terduga. Sehingga kamu bisa terjebak utang atau sulit mengelola uang dengan lebih bijak. 

Verified Writer

Binti Nur Rohmah

Life much better

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya