TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Keluar dari Zona Nyaman untuk Menemukan Jati Diri, Berani!

Berani ambil segala risiko

Ilustrasi keluar dari zona nyaman (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Sebagai seorang yang menemukan jati diri kadang akan menemukan kesulitan dalam menjalaninya. Hal ini disebabkan karena kamu hidup dalam zona nyaman yang sudah jelas mempunyai rasa aman dan kepastian. Zona nyaman ini memang memberikan kenyamanan namun juga bisa membatasi untuk mendapatkan menjadi lebih berkembang dan sulit untuk menemukan jati diri.

Sehingga keluar dari zona nyaman bukan sebuah proses yang mudah, karena ada rasa yang belum pasti dan harus berani mengambil risiko, dan mengatasi ketidaknyamanan.

Namun, dengan berani melangkah ke luar dari zona nyaman tersebut memberi kamu kesempatan untuk menemukan siapa sebenarnya diri kamu dan keinginan hidup kamu sendiri. Berikut beberapa cara keluar dari zona nyaman kamu agar punya banyak pengalaman dalam hidup. Simak ya!

1. Punya tujuan yang menantang

Ilustrasi cari pekerjaan yang menantang(pexels.com/Andrea Piacquadio)

Langkah pertama saat kamu ingin keluar dari zona nyaman adalah dengan menetapkan tujuan yang bisa memaksa kamu untuk berkembang. Tujuan ini harus yang menantang agar kamu bisa keluar dari rutinitas sehari-hari, namun harus tetap realistis.

Saat kamu selalu merasa nyaman dalam pekerjaan yang sama, cobalah untuk menentukan tujuan baru seperti mengejar pendidikan yang lebih tinggi atau mengambil tanggung jawab baru di tempat kerja. Tujuannya adalah memaksa kamu untuk menghadapi situasi yang gak pasti dan bisa memicu pertumbuhan pribadi.

2. Berani ambil risiko yang terukur

Ilustrasi akan naik sepeda (pexels.com/Blue Bird)

Mengambil risiko yang terukur adalah salah satu cara agar kamu bisa melangkah keluar dari zona nyaman. Risiko ini gak harus berhubungan dengan keputusan yang besar untuk mengubah kamu hidup secara drastis, tetapi mulai dengan langkah kecil secara bertahap.

Saat kamu punya ketertarikan dengan seni tetapi takut untuk mencobanya, cobalah daftar untuk kursus seni atau bergabung dengan komunitas seni lokal. Berani mengambil risiko kecil seperti ini, kamu bisa mengeksplor minat baru dan menemukan jati diri yang mungkin belum pernah kamu sadari sebelumnya.

Baca Juga: 5 Fakta Status Quo Bias, Bikin Kamu Sulit Keluar dari Zona Nyaman!

3. Bergaul dengan orang yang berbeda

Ilustrasi bergaul dengan orang berbeda (pexels.com/William Fortunato)

Lingkungan sosial yang kamu punya juga berdampak besar terhadap hidup kamu, bagaimana kamu menilai dan melihat diri kamu. Salah satu cara efektif agar kamu bisa keluar dari zona nyaman adalah dengan bergaul dengan orang yang punya latar belakang, pandangan, dan pengalaman yang berbeda dari dirimu.

Interaksi dengan berbagai karakter orang bisa memberikan perspektif baru dan tantangan terhadap cara berpikir kamu sendiri. Cobalah bergabung dengan kelompok yang tidak biasa kamu ikuti agar kamu bisa bertemu dengan orang baru dari berbagai latar belakang.

4. Tingkatkan kemampuan untuk mengatasi ketidaknyamanan

Ilustrasi sedang belajar fotografer(pexels.com/Blue bird)

Keluar dari zona nyaman biasanya juga sering melibatkan ketidaknyamanan. Belajar tentang cara mengatasi dan mengelola ketidaknyamanan ini adalah salah satu keterampilan penting saat kamu ingin mencoba mencari jati diri. 

Teknik seperti mindfulness dan meditasi bisa membantu kamu belajar untuk tetap tenang dan fokus saat menghadapi situasi yang belum pernah kamu hadapi sebelumnya. Semakin sering berada di situasi yang gak nyaman kamu akan lebih mudah mengatasi tantangan baru yang muncul dalam hidup kamu. 

Verified Writer

Binti Nur Rohmah

Life much better

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya