TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Menarik tentang Kakeibo, Seni Menabung Ala Jepang

Seni menabung yang sangat efektif

Ilustrasi menabung ala Jepang (pexels.com/Oleksandr P)

Kakeibo dalam bahasa Jepang punya arti buku catatan rumah tangga. Prinsip utama dari tehnik menabung ini adalah membantu orang agar lebih sadar dengan pengeluaran dan mengontrol keuangannya dengan lebih baik. Filosofi di balik Kakeibo adalah menggabungkan antara pencatatan pengeluaran dengan menyesuaikan tujuan keuangan dan kebiasaan dari belanja.

Menggunakan buku catatan dalam seni kakeibo bisa mendorong orang untuk lebih sadar dengan kebiasaan keuangannya dan membuat keputusan yang sesuai dengan kebutuhan. Saat kamu mencatat semua pengeluaran dan pendapatan dengan cara teratur, kamu bisa lebih mudah melihat ke mana uang kamu pergi dan membuat keputusan finansial yang lebih bijaksana.

Konsep ini mengajarkan tentang pentingnya refleksi dan evaluasi saat sedang mengelola keuangan pribadi. Nah, berikut beberapa fakta menarik tentang seni menabung kakeibo ini.

1. Punya manfaat keuangan dalam jangka panjang

Ilustrasi bisa membeli rumah dengan menabung (pexels.com/Alena Darmel)

Kakeibo tidak hanya berfungsi sebagai alat untuk mengelola keuangan pribadi tetapi juga sebagai cara agar kamu bisa membangun kebiasaan finansial yang benar dalam jangka panjang. Metode ini membantu agar kamu bisa lebih disiplin dan punya rencana keuangan yang terarah. 

Sehingga kamu bisa lebih mudah mencapai tujuan keuangan yang lebih baik bahkan kamu bisa membeli sesuatu dalam jumlah harga yang lebih besar. Selain itu, Seni ini juga mencerminkan budaya Jepang yang menekankan pada kesederhanaan, ketertiban, dan refleksi pribadi yang akhirnya membuatnya lebih dari sekadar dari teknik menabung tetapi bagian dari filosofi hidup yang lebih luas.

2. Metode pembukuan yang sistematis

Ilustrasi punya pembukuan yang sistematis (pexels.com/Karolina Kaboompics)

Seni menabung kakeibo biasanya punya buku catatan kecil yang sudah dibagi menjadi beberapa bagian untuk mencatat tentang keuangan kamu. Buku ini bisa diisi dengan kolom untuk pendapatan, pengeluaran, dan tabungan, serta ada bagian untuk tujuan finansial dalam jangka pendek dan panjang. 

Sistem menabung ini kamu bisa melacak dan tahu tentang kebiasaan pengeluaran yang sering kamu keluarkan. Selain itu kamu juga bisa menetapkan anggaran dan target berapa jumlah tabungan yang kamu inginkan. 

Baca Juga: 5 Tips Menabung Beli Rumah untuk Generasi Sandwich, Harus Realistis

3. Paham tentang pentingnya rencana dan tujuan

Ilustrasi menetapkan tujuan keuangan (pexels.com/Mikhail Nilov)

Kakeibo mendorong penggunanya agar bisa menetapkan tujuan keuangan yang lebih spesifik dan realistis. Misalnya, mungkin kamu sedang memutuskan menabung untuk liburan, pembelian yang jumlahnya besar, atau dana darurat.

Punya tujuan yang jelas dan rencana yang terperinci untuk mencapainya bisa bantu untuk meningkatkan motivasi dan disiplin dalam menabung. Setiap bulan, kamu bisa memberikan evaluasi dengan kemajuanmu terhadap tujuan tersebut dan menyesuaikan strategi apabila kamu memang memerlukan.

4. Lebih sadar dengan pengeluaran

Ilustrasi harus seimbang antara menabung dan belanja (pexels.com/Dany Kurniawan)

Salah satu aspek kakeibo yang unik adalah pendekatannya yang penuh perhatian dengan jumlah pengeluaran. Metode ini gak hanya fokus dengan mencatat saja, tetapi juga punya kesadaran penuh dengan pengeluarannya.

Pengguna harus bisa menanyakan kepada dirinya sendiri setiap akan membeli sesuatu. Pembelian tersebut memang sudah sesuai dengan kebutuhan atau hanya fomo semata. Pendekatan ini bisa membantu untuk mengurangi pembelian yang impulsif dan mendorong kamu untuk membuat keputusan keuangan dengan bijaksana.

Verified Writer

Binti Nur Rohmah

Life much better

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya