TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Manfaat Saat Punya Dukungan Moral Ketika Ada Masalah, Lebih Tegar

Bisa menguatkan mental seseorang

Ilustrasi cerita ke teman saat ada masalah (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Menghadapi masalah adalah pengalaman hidup yang sangat membebani dan sangat menguras emosi maupun fisik. Saat kesulitan datang pasti merasakan kesendirian dan rasa putus asa yang akan melanda. Menghadapi situasi seperti ini punya dukungan moral dari orang terdekat adalah hal yang paling penting.

Dukungan ini gak hanya bisa memberikan rasa nyaman saja, tetapi juga berpengaruh besar terhadap cara kamu untuk bangkit kembali. Sadar dengan banyaknya manfaat dari memberikan dukungan moral ini bisa membuat kamu terinspirasi untuk ikut melakukannya. Sebab, hal ini bisa mengubah cara seseorang untuk mengatasi masalah, mengurangi dampak negatifnya dan membantu mereka menemukan kekuatan dan harapan di tengah kesulitan.

Berikut beberapa manfaat saat kamu bisa memberikan dukungan moral pada orang yang mendapat musibah. 

1. Kurangi stres dan kecemasan

Ilustrasi mengurangi stres (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Dukungan moral punya dampak yang besar terhadap kesehatan mental orang yang mendapatkan musibah. Saat seseorang sedang dalam musibah pasti tingkat stres dan kecemasan bisa langsung meningkat secara drastis.

Dukungan yang kamu berikan bisa membuatnya merasa aman dan mengurangi beban emosional yang sedang dirasakan. Selain itu, juga bisa membantu orang tersebut merasa bahwa mereka gak sendirian menghadapinya. Punya dukungan secara moral bisa memberikan kelegaan dan bantu seseorang untuk menghadapi situasi sulit dengan lebih tenang.

2. Meningkatkan rasa percaya diri dan beri harapan

Ilustrasi memberi dukungan moral (pexels.com/RDNE Stock project)

Saat seseorang sedang menghadapi situasi sulit, mereka akan merasa lebih tertekan dan kehilangan kepercayaan diri. Dukungan moral bisa membuat mereka meningkatkan rasa percaya diri dengan menunjukkan bahwa kamu masih percaya dengan kemampuan mereka untuk mengatasi musibah tersebut. 

Dukungan ini juga bisa memberikan harapan dan motivasi baru agar bisa mendorong orang tersebut tetap berjuang dan mencari solusi yang pasti. Memberikan dukungan yang positif, membuat seseorang bisa melihat masa depan dengan lebih optimis dan tetap termotivasi untuk menghadapi musibah tersebut.

Baca Juga: 3 Alasan Pentingnya Menyelesaikan Segala Masalah dengan Tenang

3. Proses pemulihan bisa lebih cepat

Ilustrasi berbagi beban perasaan (pexels.com/Vitaly Gariev)

Dukungan moral juga bisa mempercepat proses pemulihan baik dari segi fisik maupun emosional. Saat seseorang merasa didukung, mereka akan mudah termotivasi untuk mencari solusi atau mencari bantuan sesuai dengan kebutuhannya.

Dukungan ini bisa membuat lingkungan cepat kondusif dengan menyediakan dukungan yang mereka butuhkan. Tentu ini membantu mereka mengurangi risiko gangguan psikologis seperti depresi dan trauma akibat dari musim yang dialami. 

4. Bisa memperkuat hubungan sosial

Ilustrasi pelukan bisa memberi kekuatan pada teman (pexels.com/Thirdman)

Menghadapi musibah dengan cara bersama-sama bisa memperkuat hubungan sosial. Dukungan moral dari orang terdekat gak hanya membantu orang tersebut dalam situasi yang terpuruk, tetapi juga mempererat ikatan antara mereka.

Dukungan ini juga bisa memperdalam hubungan kamu dengan orang yang terkena musibah dan menciptakan rasa solidaritas yang tinggi. Hubungan sosial kuat ini penting untuk mengatasi musibah dan bisa memberikan dukungan yang terus berlanjut meskipun situasi sulit itu sudah berlalu.

Verified Writer

Binti Nur Rohmah

Life much better

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya