TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Dampak Positif saat Kamu Memberikan Apresiasi pada Dirimu Sendiri

Ingat bukan ingin menjadi egois, lho

Ilustrasi mencoba menerima keadaan (pexels.com/Gül Işık)

Mungkin kamu salah satu orang yang sering atau tanpa sadar suka membandingkan dirimu sendiri dengan orang lain. Hal inilah yang membuat kamu merasa menjadi orang yang gak cukup baik dan selalu gak puas dengan apa yang sudah kamu capai. Gak perlu khawatir ada salah satu langkah penting yang bisa diambil untuk agar kamu bisa meningkatkan kualitas hidupmu sendiri.

Langkah paling bijak saat kamu merasa menjadi orang yang gak baik adalah dengan berani memberikan apresiasi pada diri sendiri. Menghargai usaha dan pencapaian yang berhasil kamu raih bukan sebuah tindakan egois, tetapi bentuk cinta dan penghormatan terhadap diri sendiri. Hal ini bisa berdampak positif bagi kehidupan kamu sendiri. Berikut beberapa dampak positif saat kamu memberikan apresiasi pada dirimu sendiri.

Baca Juga: 3 Tanda Seseorang Memiliki Kepedulian Padamu, Apresiasi Kebaikannya

1. Bisa meningkatkan kepercayaan diri

Ilustrasi wanita bahagia (pexels.com/Vitor Castro)

Salah satu dampak paling nyata saat kamu memberikan apresiasi pada diri sendiri adalah bisa meningkatkan kepercayaan diri. Mau menghargai pencapaian dari usaha yang kamu lakukan adalah cara kamu belajar untuk mengenali nilai dalam dirimu sendiri.

Hal ini membantu kamu untuk lebih percaya diri saat menghadapi tantangan dan mengambil risiko dari setiap keputusan yang diambil. Punya kepercayaan diri yang tinggi, membuat kamu lebih mampu mengejar impian dan tujuan hidup kamu tanpa rasa takut gagal.

2. Mengurangi rasa stres dan kecemasan

Ilustrasi mengurangi rasa stres (pexels.com/Stephanie Allen)

Memberikan apresiasi pada diri sendiri sangat ampuh untuk membantu mengurangi tingkat stres dan kecemasan pada diri. Saat kamu mau mengakui usaha dan pencapaian membuat kamu mudah untuk merasa lebih puas dan bahagia dengan diri sendiri.

Sehingga, ini bisa mengurangi perasaan cemas yang sering muncul saat kamu membandingkan diri dengan orang lain atau merasa gak cukup baik. Mengapresiasi diri, membuat kondisi mental yang lebih positif dan bisa mendukung kesehatan emosional kamu.

Baca Juga: 4 Alasan Apresiasi Mampu Mengubah Seseorang Melampaui Dirinya

3. Menjadi pendorong untuk pertumbuhan pribadi

Ilustrasi menjadi pendorong untuk berkembang (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Mau memberikan apresiasi pada diri sendiri, mendorong diri kamu untuk terus berkembang. Menghargai pencapaian kamu meskipun itu hanya pencapaian kecil gak hanya memberikan dorongan untuk melanjutkan usaha saja.

Namun, hal tersebut juga membantu kamu untuk mengenali bagian mana dari dirimu yang perlu di perbaiki. Sehingga, bisa menciptakan suasana positif yang memberi motivasi pada dirimu untuk terus belajar dan berkembang, baik secara pribadi maupun dalam pekerjaan.

4. Meningkatkan interaksi dengan orang lain

Ilustrasi meningkatkan cara berinteraksi (pexels.com/Canva Studio)

Saat kamu bisa menghargai diri sendiri, membuat kamu lebih mudah untuk menghargai orang lain. Rasa syukur dan apresiasi yang kamu berikan pada diri sendiri membuat kamu punya sikap empatik dan terbuka terhadap orang di sekitarmu. 

Hal ini membantu untuk membangun hubungan yang lebih sehat dan positif, karena kamu gak merasa terancam oleh pencapaian orang lain. Justru sebaliknya, kamu juga bisa ikut merayakan keberhasilan mereka dan mendukung mereka dalam perjalanan hidup mereka.

Verified Writer

Binti Nur Rohmah

Life much better

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya