TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Simpel Mencari Teman Baru Bagi Introver, Jangan Menutup Diri

Ikut organisasi atau komunitas akan membantu

Ilustrasi mencari teman baru(pexels.com/William Furtunato)

Menjalin hubungan sosial bagi sebagian orang memang hal yang mudah dan merupakan sebuah keterampilan alami yang gak perlu ada teknik khusus. Namun, bagi orang yang punya sifat introver merupakan sesuatu hal yang sulit dan perlu beberapa cara agar mereka bisa berbaur dengan lingkungan. Bagi para introver, interaksi sosial seringkali lebih terasa sulit bukan menjadi hal yang menyenangkan dan proses mencari teman baru bisa menjadi momok yang menakutkan.

Namun, menjadi introver bukanlah sebuah hambatan untuk punya hubungan sosial yang kuat. Perlu memahami diri sendiri dan mengatur sebuah strategi yang sesuai sehingga para introver bisa memperluas lingkaran sosial mereka dan bisa temukan teman dengan menyenangkan. Beberapa cara praktis yang bisa digunakan oleh para introver  untuk mencari teman, serta bisa buat wawasan mereka untuk mengatasi tantangan tersebu, apa saja cara praktis tersebut, simak penjelasan berikut! 

1. Bergabung dengan sebuah organisasi

Ilustrasi ikut organisasi untuk cari teman(pexels.com/William Furtunato)

Salah satu cara yang paling baik agar bisa bertemu dengan orang yang punya hobi sama adalah dengan bergabung dengan organisasi yang sesuai dengan hobi kamu. Mungkin kamu sangat suka dengan membaca, lalu kamu bisa bergabung dengan klub buku yang ada dilingkungan mu. 

Hal ini bisa memberikan kamu kesempatan untuk berinteraksi dengan orang yang punya hobi sama dengan diri kamu, sehingga kamu lebih mudah untuk memulai percakapan. Kendala utama dari orang introver adalah kesulitan mencari topik untuk memulai percakapan. 

2. Bisa menggunakan media sosial sebagai sarana komunikasi

Ilustrasi video call dengan teman(pexels.com/RENE Stock Project)

Teknologi yang ada membuat semua orang lebih mudah untuk membuat komunikasi dengan banyak orang dari berbagai latar belakang. Manfaatkan media sosial bahkan aplikasi kencan untuk mencari teman yang punya hobi sama bahkan mungkin kamu bisa menemukan pasangan dari aplikasi kencan yang ada.

Banyak grup dari media sosial yang bisa kamu manfaatkan untuk mencari teman baru. Mungkin kamu juga bisa bergabung dengan grup yang membahas tentang topik tertentu untuk kamu gunakan sebagai sarana interaksi dengan banyak orang. 

Baca Juga: 3 Alasan Kamu Perlu Membatasi Pertemanan dengan Lawan Jenis

3. Bergabung dengan komunitas teman lama

Ilustrasi gabung dengan komunitas teman(pexels.com/Kampus Production) /

Jangan ragu untuk meminta bantuan dari teman-teman yang memang sudah kamu kenal sejak lama. Mereka mungkin punya lingkungan pertemanan atau kenalan yang bisa cocok dengan kepribadian kamu. 

Meminta teman lama untuk membantu memperkenalkan kamu dengan orang baru bisa menjadi cara yang efektif untuk memperluas lingkaran sosial kamu. Jadi jangan terlalu menutup diri dengan lingkungan yang ada di sekitar kamu. 

4. Mencoba ikut kegiatan sosial

Ilustrasi berfoto setelah melakukan kegiatan(pexels.com/Andrea Piacquadio)

Meskipun hadiri di kegiatan sosial adalah hal yang menakutkan bagi introver, namun itu juga bisa menjadi kesempatan bagus untuk bertemu dengan orang baru. Cobalah untuk hadiri di acara kecil terlebih dahulu atau berkumpul dengan orang yang kamu kenal terlebih dahulu.

Berikan waktu untuk diri kamu sendiri agar merasa nyaman dan jangan terlalu memaksakan diri jika kamu merasa tidak ingin berinteraksi dengan banyak orang sekaligus. Cobalah bangun interaksi secara bertahap jika kamu masih ragu untuk mencoba. 

Verified Writer

Binti Nur Rohmah

Life much better

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya